TNI AL Evakuasi 13 ABK yang Berhamburan dari Kapal Terbakar

  • Whatsapp
Ilustrasi kapal terbakar di tengah laut. (Antara Foto/Dok Basarnas)

JurnalPatroliNews – Jakarta, TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) berhasil mengevakuasi 13 anak buah kapal (ABK) beserta nakhoda KM Hasil Jaya yang terbakar di perairan Asahan, Sumatera Utara.

Prajurit TNI AL mengevakuasi para ABK yang berhamburan menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri setelah kapal terbakar, Rabu (7/4) kemarin.

Bacaan Lainnya

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory menyatakan sebanyak dua unit Kapal Patroli Lanal TBA dikerahkan untuk operasi penyelamatan KM Hasil Jaya.

“Terbakar sekitar pukul 15.00 WIB. Api diduga dari cerobong (knalpot) kapal yang menyemburkan api, lalu menyambar tangki bahan bakar yang letaknya berdekatan di dalam kamar mesin,” kata Robinson melalui keterangan tertulis, Kamis (8/4).

Robinson mengatakan pasukan TNI AL langsung mengevakuasi dan melakukan pertolongan terhadap kapal dan para ABK KM Hasil Jaya. Kapal-kapal nelayan yang berusaha mendekat ke lokasi kejadian pun dikoordinir untuk ikut membantu upaya penyelamatan.

“ABK KM. Hasil Jaya menyelamatkan diri dengan menceburkan diri ke laut dan ditolong oleh sesama nelayan sebelum dievakuasi oleh SAR Lanal Tanjung Balai Asahan,” kata dia.

Ketiga belas ABK ini seluruhnya selamat. Enam di antaranya dievakuasi ke Posal Bagan Asahan. Sementara tujuh lainnya dievakuasi menggunakan kapal nelayan KM Bahari Perkasa.

“Akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp1.5 miliar,” kata dia.

Di tempat terpisah Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid mengapresiasi langkah Danlanal TBA untuk mengambil aksi secara cepat sehingga jatuhnya korban jiwa dapat terelakan.

“Ke tiga belas ABK KM Hasil Jaya dapat kembali dengan selamat ke keluarga masing-masing,” kata Abdul Rasyid.

(cnn)

Pos terkait