TPNPB Meepago Tolak RDP Otsus yang Dilakukan MRP

Jurnalpatrolinews  – Jayapura : Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Wilayah MeePago, menyatakan bahwa pihaknya menolak tawaran audiensi Majelis Rakyat Papua mengenai pembahasan program Otonomi Khusus yang diberikan oleh Indonesia.

“Kami tidak setuju dengan bentuk dialog apapun. Kecuali perundingan antara Papua dan Indonesia yang difasilitasi pihak ketiga atau PBB,” kata Demianus Magai Yogi, pimpinan TPNPB Wilayah MeePago, dari markasnya melalui sambungan telepon seluler kepada suara papua, Jumat (18/9/2020).

Sebelumnya, MRP minta dua perwakilan masing-masing faksi perjuangan untuk hadir dalam rapat RDP evaluasi Otsus.

“Kami TPNPB Paniai tegaskan tidak akan hadir, karena selama ini kami sudah bergerilya di hutan, karena kami menjaga suara keadilan dan suara tuntutan kemerdekaan demi generasi anak cucu kita,” pungkas Demianus.

Ia menambahkan bahwa pihaknya tidak akan bertemu utusan dari lembaga-lembaga negara Indonesia, kecuali pihak PBB. “Karena kami minta pengakuan kemerdekaan.”

Sementara, MRP melalui panitia kerja sedang dalam fokus sosialisasi untuk mengadakan RDP evaluasi Otsus sesuai ketentuan pasal 77 UU Otsus No.21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

Seperti dikutip dari Jubi.co.id, Ketua MRP, Timotius Murib menjelaskan tim bentukan MRP akan bertemu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua, dan menyampaikan rencana MRP menggelar RDP evaluasi Otsus Papua. Dengan demikian, akan ada koordinasi bersama menjelang RDP dengan seluruh komponen rakyat Papua.

“Satukan persepsi, langkah-langkah, bahas hal-hal yang dilakukan sebagai skenario guna mendengarkan aspirasi seluruh komponen masyarakat adat Papua di Provinsi Papua dan Papua Barat,” kata Murib.  (suara papua)

Komentar