TPNPB Rencanakan Aksi Teror Kepada Aktor ULMWP

Jurnalpatrollinews – Jayapura : Diketahui bahwa kelompok Tentara Pembebasan Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) tengah merencanakan aksi teror berupa penembakan terhadap kelompok United LIbertaion Movement for West Papua (ULMWP), (23/10).

Apa yang direncanakan oleh TPNPB tersebut diduga sebagai bentuk kemurkaan seorang Ketua OPM, Jeffrey Bomanak.

Hal ini disebabkan pihaknya merasa dirugikan atas berbagai aksi yang digerakkan ULMWP.

Banyak pihak mengatakan tentang konflik yang terjadi antara OPM dan ULMWP didasari pada sikap kelompok ULMWP yang dengan segala aksinya terus menjatuhkan nama baik OPM.

Terlebih Jeffrey beranggapan bahwa upaya yang dilakukan oleh ULMWP malah akan mengaburkan perjuangan bangsa Papua.

“Jika mereka masih bermain-main, kami akan fasilitasi. Buktikan kalau kelompok yang baru dibentuk beberapa tahun kemarin itu bisa berbuat apa untuk Papua,” ungkap Jeffrey.

Apa yang dikatakan oleh Jeffrey diduga bersinambung  dengan beredarnya sejumlah nama-nama pengurus ULMWP yang oleh kelompok TPNPB diklaim sebagai sasaran operasi.

Dari sejumlah daftar yang dituliskan, diketahui terdapat nama besar seperti Buktar Tabuni, Allen Halitopo, Matias Wenda, Sem Karoba, dan Bazoka Logo.

Sebelumnya ketua OPM pernah menegaskan akan mengerahkan pasukan TPNPB untuk memperingatkan kelompok Benny Wenda Cs yang telah lancang memperkeruh perjuangan Papua.

“Perjuangan yang sah dan suci menurut konstitusi mengalir dari tubuh OPM/TPNPB. Jika ada yang tidak setuju, saya siap anggap mereka adalah musuh. Jangan menyesal jika TPN harus ikut meluruskan perjuangan,”

Diakhir kesempatannya, Kata Jeffrey, pihaknya menduga bahwa ULMWP sengaja disiapkan oleh negara Indonesia untuk membuat kekacauan di Papua.

Apa yang menjadi dasar dalam argument tersebut adalah tolak ukur setiap upaya yang dilakuan ULMWP erat kaitannya dengan praktik kolonialisme.

Komentar