Turki Mengerahkan 27.000 Jihadis Dari Suriah di Libya

Jurnalpatrolinews – Libya : ” Turki telah mengerahkan militan Suriah dan jihadis dari berbagai negara di Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA), Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengungkapkan dalam sebuah laporan pada 1 Agustus.

Menurut kelompok pemantau yang berbasis di London, gelombang baru militan Suriah dan jihadis tiba di Libya dalam beberapa hari terakhir.

SOHR memperkirakan bahwa sejauh ini Turki telah mengerahkan lebih dari 17.000 militan Suriah, termasuk 350 anak-anak, di Libya. Setidaknya 6.000 dari mereka kembali ke Suriah dalam beberapa bulan terakhir setelah menerima pembayaran penuh.

“Turki terus membawa lebih banyak pejuang faksi, tentara bayaran, ke kampnya dan melatih mereka,” tulis laporan SOHR.

Selain mengerahkan proksi Suriahnya, Turki juga mengangkut sekitar 10.000 Jihadis dari berbagai negara untuk memperjuangkan GNA di Libya. Setidaknya 2.500 dari mereka adalah orang Tunisia.

Turki mulai mengirim militan Suriah dan jihadis ke Libya tahun lalu. Langkah ini meningkatkan kemampuan ofensif  GNA dan memungkinkan pasukannya untuk mengusir serangan Tentara Nasional Libya di ibu kota, Tripol

Komentar