Untuk Latihan Bersama, Rusia Kerahkan Kapal Perang ke RI

Ilustrasi, Foto: AviaProNet

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Untuk melakukan latihan bersama Negara-negara ASEAN, Rusia akan menugaskan 1 kapal perangnya menuju wilayah Indonesia pada 1 hingga 3 Desember mendatang.

Alexander Ivanov, Duta Besar Rusia untuk ASEAN Dalam keterangannya menyebutkan, latihan itu akan diadakan di wilayah perairan utara Pulau Sumatera. Nantinya Moskow akan menerjunkan kapal tempur penghancur anti kapal selamnya.

Bacaan Lainnya

“Kapal anti kapal-selam besar, Admiral Panteleyev, akan menghadiri latihan itu dari sisi Rusia,” bebernya kepada Sputnik pekan lalu, dikutip Senin (29/11).

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama Pertahanan antara ASEAN dan Rusia. Ide mengenai latihan ini sebenarnya telah dibahas dalam pertemuan Rusia-ASEAN pada 28 Oktober lalu.

Ia menambahkan bahwa latihan ini akan langsung diresmikan oleh Menhan RI Prabowo Subianto.

“Latihan ini bertujuan untuk melatih AL Rusia dan AL ASEAN dalam bekerjasama menciptakan keamanan Maritim bagi lalu lintas komersial,” lanjutnya.

Rusia sendiri diketahui telah berhubungan erat dengan ASEAN semenjak 1996. Pada 2016 lalu, hubungan antar kedua pihak dinaikkan ke status kerjasama strategis. Ini ditandai dengan penandatanganan Deklarasi dan rencana aksi bersama di Sochi.

Pos terkait