Usai Dilantik BGS Langsung Pimpin Rapat, Menkes Pastikan Kesiapan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Foto: Kemenkes

JurnalPatroliNews – Jakarta, Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Kesehatan RI dan Wakil Menkes RI pada Rabu (23/12/2020) pagi di Istana Negara, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono langsung berkeliling kantor Kemenkes. Setelah itu, mereka memimpin rapat koordinasi pimpinan dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenkes.

Rapat berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak aman. Membuka rapat, BGS menuturkan sejalan dengan instruksi Jokowi, maka tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi COVID-19,” kata BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, seperti dikutip dari siaran pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, Rabu (23/12/2020).

Kendati dilakukan dalam waktu dekat, BGS menekankan rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang.

Menurut dia, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.

“Saya ingin memastikan semua alatnya siap,” ujar BGS.

Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, BGS mendorong agar pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah.

Karenanya, dalam waktu dekat, pihaknya bersama wamen siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi puskesmas, asosiasi RS swasta maupun klinik.

“Mungkin besok akan ada rapat dengan semua asosiasi puskesmas dan RS, saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi Covid-19,” kata BGS.

(*/lk)

Pos terkait