Viral Tanah Kuburan Terangkat Misterius di Padang Pariaman

JurnalPatroliNews – Sumatra Barat,– Video fenomena tanah kuburan terangkat viral di media sosial Youtube. Pengunggah video menerangkan fenomena itu terjadi di sebuah taman pemakaman umum di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Diunggah pada Kamis (25/3) sampai Jumat malam video telah tersebar 1300 kali. Video menunjukkan orang berkerumun di sekitar makam yang tanahnya terangkat bersama batu nisannya.

“Viral…kuburan tiba-tiba tinggi dengan sendirinya,” tulis pengunggah videonya.

Lokasi tepatnya ditulis TPU Sei Asam Sicincin, Padang Pariaman.

Adrin Tohari, ahli pergerakan tanah dari Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, perlu penelitian untuk bisa mengetahui sebab pasti fenomena itu. Dia menyatakan, perlu memastikan apakah kejadian itu fenomena alam atau bukan.

“Caranya dengan melakukan survei menggunakan metode georadar,” ujarnya.

Metode itu, Adrin Tohari menambahkan, biasa digunakan untuk mengetahui atau mengungkap suatu obyek di bawah lapisan tanah. Dia menepis satu dugaan penyebab terangkatnya kuburan karena tanahnya mengandung gas. Seharusnya, gas sudah keluar melalui pori-pori tanah jika memang berada di balik fenomena itu.

“Dan mungkin bisa tercium oleh masyarakat yang datang ke makam itu,” ujarnya.

Sementara, jika terangkat karena terkait fenomena mud volcano maka lumpur gunung api itu sudah bisa terlihat keluar. Karena banyak dugaan yang muncul, Adrin Tohari menyarankan dilakukan penelitian.

“Agar bisa memastikan faktor penyebabnya,” katanya.

Rencana penelitian, lanjutnya, perlu mendapat izin dan masyarakat setempat. Alasannya, karena makam yang terangkat itu disebut sebagai kuburan tua milik suku setempat. (kesatu)

Komentar