Wakapolres Badung Hadiri kegiatan Fokus Group Discussion

 146 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews – Badung – Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani, SH hadiri kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema “Aktualisasi Peran Pecalang Dalam Pemberdayaan Desa Adat guna Mewujudkan Harkamtibmas Mendukung dan Mensukseskan Pilkada Serentak tahun 2020”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Tumbak Bayuh, Kecamatan Mengwi, Kab. Badung, Bali. Kamis pagi (30/07) pukul 09.00 Wita.

Kompol Putu Utari mengatakan, pulau dewata Bali memang banyak memiliki hal unik yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya, seperti desa adat atau desa Pakraman memiliki ruang lingkup yang mengacu pada organisasi yang sangat unik dan dipimpin oleh seorang bendesa adat, serta memiliki Pecalang atau polisi tradisional Bali.

“Setiap desa adat memiliki syarat dan aturan berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan desa adatnya, dan peran pecalang ini sangat memiliki peran penting dalam mengawal kebijakan desa adat dan menjaga ketertiban wilayahnya,” ujarnya.

Terkait dengan keamanan, lanjut Wakapolres Kompol Utariani, pecalang memiliki peran penting dalam mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat yang mana tugas pecalang menjalankan amanah dari desa ataupun banjar adat sesuai kesepakatan bersama, sehingga apa yang dilaksanakan dalam tugas selalu berjalan lancar dan aman.

Selanjutnya, kata Perwira Menengah asal Badung ini, sinergitas dan kebersamaan ini hendaknya selalu dijaga sesuai tugas dan perannya masing-masing serta selalu berberkoodinasi dengan pihak-pihak keamanan lainnya, seperti TNI dan Polri, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya jelas, khususnya dalam menghadapi Pemilu yang akan datang.

“Kami selalu bersinergi dengan pihak pecalang maupun instansi lainnya seperti TNI, Sat Pol PP dan Limnas,” lata Wakapolres Utari di usai kegiatan.

Menurutnya, memang tugas pecalang dalam hal pengamanan terbuka mirip dengan tugas kita seperti mengatur lalu lintas di areal kegiatan upacara keagamaan.
Tugasnya tidak terbatas pada agama Hindu saja, iapun ikut melakukan pengamanan saat hari raya Lebaran di Masjid dan juga perayaan Natal di Gereja, di samping melakukan pengamanan lainnya seperti Pilkada.

“Kami harapkan ini terus terjaga dengan baik khususnya pada Pilkada mendatang,” ujar Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani, SH. (TiR).-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *