Warpo Wetipo Bereaksi Keras Terhadap Buchtar Yang Akan Singkirkan KNPB

  • Whatsapp

Jurnalpatrolinews – Jayapura : Menanggapi aksi bentukan panitia penolakan otonomi khusus yang diinisiasi Buchtar Tabuni, Warpo Wetipo menganggap bahwa Buchtar hanya memanfaatkan situasi dan tidak berorientasi pada semangat perjuangan, (25/9).

Sebelumnya telah beredar kabar bahwa Buchtar Tabuni ingin membentuk kepengurusan organisasi milik ULMWP dalam misi penolakan terhadap kebijakan otonomi khusus (otsus) yang akan berakhir pada tahun 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

“sebelumnya kita semua sepakat kalau ULMWP tidak memiliki agenda penolakan terhadap otsus, Benny Wenda pun menyatakan bahwa fokus ULMWP adalah penyelenggaraan referendum,” ungkap Warpo ketika ditemui.

Warpo mengatakan bahwa ada agenda terselubung yang sengaja dibuat Buchtar untuk mencari keuntungan semata. Ia juga menilai bahwa Buchtar sengaja menciptakan konflik dualism penolakan otsus karena sebelumnya pihak KNPB sudah menginisiasi pembentukan ‘Petisi Rakyat Papua’.

“Buchtar melihat kalau ‘Petisi Rakyat Papua’ yang mampu menjaring banyak organisasi adalah sebuah kesempatan untuk mengais kekayaan,” ujar Warpo.

Warpo menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh Buchtar terkait terbentuknya kepanitiaan baru dari ULMWP. Sebab selain menciptakan konflik, upaya yang dilakukan Buchtar juga seolah menyingkirkan KNPB.  (ind paper)

Pos terkait