Waspada, Menkes Sebut Varian Baru Covid Banyak di Sumatera

  • Whatsapp
Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Pulau Sumatera, terutama Kota Palembang, Sumatera Selatan menjadi daerah yang paling sering ditemukan kasus mutasi varian baru virus Corona belakangan ini.

Oleh sebab itu, Menteri Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah akan memperketat akses keluar masuk jalur pelabuhan Merak-Bakauheuni. Budi pun mengimbau agar yang ingin masuk maupun keluar Sumatera harus melengkapi dengan tes antigen Covid-19 dan dinyatakan negatif.

“Mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di Sumatera, salah satu masuknya di Palembang, sehingga Bapak-Ibu menjaga orang yang balik lagi dari Sumatera yang masuk sini, itu kalau bisa di swab antigen, supaya kita bisa tahu,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (9/5/2021), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Meski Budi tidak membeberkan data secara rinci terkait jumlah kasus pasien terinfeksi varian baru Covid-19 di Sumatera, dia mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, dia masih melihat banyak masyarakat di sekitar Pelabuhan Merak yang tidak memakai masker.

“Masker mengurangi drastis penularan. Tadi saya pas jalan di luar, intip-intip masih banyak yang tidak masker dalam perjalanan,” katanya.

Sebagai informasi saja, sampai dengan Minggu ini, Satgas Covid-19 melaporkan penambahan kasus harian Covid-19 pada hari ini Minggu (09/05/2021) sebanyak 3.922 kasus positif. Sementara jumlah pasien sembuh sebanyak 4.360 orang.

Ada penurunan kasus aktif hari ini sebanyak 608 kasus. Angka tersebut didapatkan dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, per pukul 12.00 WIB hari ini, Minggu (09/05/2021).

Sementara untuk pasien yang meninggal per hari ini sebanyak 170 orang. Secara kumulatif, jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 1.713.684 kasus. Penambahan kasus ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kemarin, Sabtu (08/05/2021) di mana terkonfirmasi positif sebanyak 6.130 kasus dan sembuh 5.494 kasus.

Adapun Riau kini masuk ke dalam tiga besar peringkat daerah dengan kasus harian Covid-19 terbanyak, yakni mencapai 454 kasus, di bawah DKI Jakarta sebanyak 809 kasus dan Jawa Barat 492 kasus.

Setelah Riau, kasus terbesar didapati di Sumatera Barat dengan jumlah 322 kasus, lalu Bangka Belitung mencapai 184 kasus, dan Sumatera Selatan 140 kasus.

(cnbc)

Pos terkait