HeadlineInternasionalKesehatan

WHO Kabarkan Vaksin Buatan Cina Terbukti Uji Klinis

Avatar
×

WHO Kabarkan Vaksin Buatan Cina Terbukti Uji Klinis

Sebarkan artikel ini
AP Photo/Mark Schiefelbein

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan vaksin virus corona (Covid-19) buatan China disebut media televisi China CGTN telah terbukti berhasil dalam uji klinis. WHO akan memastikan vaksin dapat didistribusikan secara merata ke semua penjuru dunia.

“WHO bekerja untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin Covid-19 secara global, percaya bahwa ini adalah cara tercepat untuk mengakhiri pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi global. Vaksin China dapat membantu mewujudkan tujuan itu dalam waktu dekat karena beberapa vaksin telah terbukti berhasil dalam uji klinis,” kata Swaminathan, dilaporkan televisi China CGTN, dikutip Jumat (25/9/2020).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Kabar baik itu datang setelah virus corona yang berasal dari Wuhan, China mewabah di segala penjuru dunia selama 10 bulan terakhir. Sejak ditemukan pada Desember lalu, sudah ada 32.407.973 orang secara global yang terinfeksi virus tersebut, sebanyak 987.697 orang di antaranya telah meninggal dunia.

China sendiri termasuk dalam negara yang paling terdepan dalam pengembangan vaksinnya. Ada banyak calon vaksin Covid-19 yang dikembangkan China.

Salah satunya adalah yang dikembangkan oleh Sinovac. Perusahaan bahkan baru-baru ini mengumumkan bahwa vaksin buatan mereka, CoronaVac, akan siap suntikkan dan didistribusikan ke warga dunia pada awal 2021.

Pendistribusian akan termasuk ke Amerika Serikat (AS). Yin Weidong, CEO SinoVac, juga telah berjanji untuk mengajukan permohonan izin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menjual CoronaVac di AS.

“Pada awalnya, strategi kami dirancang untuk China dan Wuhan. Segera setelah itu pada Juni dan Juli kami menyesuaikan strategi kami, yaitu menghadapi dunia,” ujarnya, seperti dikutip dari AP.

(rick/*)