WN China Kabur dari Lapas Pernah Ikut Pelatihan Militer

JurnalPatroliNews – Jakarta, Terpidana mati kasus narkoba asal China, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang, tercatat pernah ikut latihan kemiliteran di negara asalnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dari latihan itu, Cai diduga memiliki kemampuan survival atau bertahan hidup di alam liar.

“Yang bersangkutan pernah ikut latihan kemiliteran di China sana, jadi dia punya dasar survival,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (2/10).

Sejauh ini, tim gabungan menduga Cai masih berada di sekitar Hutan Tenjo, Bagar, Jawa Barat. Tim gabungan, kata Yusri, juga masih terus menyisir area hutan untuk menemukan keberadaan Cai.

Cai diduga kabur ke hutan setelah sempat mampir ke kediamannya yang berlokasi tak jauh dari situ.

“Memang hutannya cukup luas, hutan itu mencakup 7 kelurahan, makanya tim bergerak terus pengejaran,” ucap Yusri.

Pada 14 September, Cai Chang Pan kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten dengan cara menggali tanah kamar tahanannya.

Tim gabungan telah memeriksa 14 saksi dan telah melakukan gelar perkara awal. Hasilnya, diduga ada dua sipir yang terlibat membantu pelarian Cai.

Keduanya disebut membantu Cai membelikan pompa air yang digunakan untuk menggali tanah. Cai memberikan imbalan sebesar Rp100 ribu untuk kedua sipir itu.

“Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir ini melakukan kelalaian yang bisa dikenakan Pasal 426 KUHP,” kata Yusri, Jumat (2/10).

Menurut Yusri, tim gabungan juga kembali melakukan gelar perkara untuk menentukan apakah status kedua sipir itu bisa ditetapkan sebagai tersangka.

(cnn)

Komentar