WN Inggris Terduga Teroris Sempat Gabung Jamaah Ansharusy Syariah

JurnalPatroliNews – Jakarta, Tazneen Miriam Sailar, warga negara Inggris, yang akan segera dideportasi karena melakukan pelanggaran keimigrasian sudah lama masuk ke Indonesia. Dia sempat pindah ke Yogyakarta sebelum diamankan di Tasikmalaya.

“Setelah suaminya tewas di Suriah, Tazneen sempat bergabung dengan Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) Cirebon sebelum pindah ke Yogya dan lalu ke Tasikmalaya, “ kata seseorang yang mengetahui kasus ini pada Beritasatu.com, Kamis (4/2/2021).

JAS sendiri berdiri karena berbeda pendapat Jamaah Ansharu Tauhid (JAT) terkait berdirinya Khilafah Islamiyah oleh ISIS.

Suami Tazneen adalah Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad, yang tewas di Suriah pada tahun 2014. Saat itu anggota Jamaah Islamiah ini bergabung dengan Jabhat al Nusrah (JN) di Suriah.

“Asep ini gabung JN bersama atau hampir bersamaan dengan putra Abu Jibril,” sambungnya. Yang dimaksud putra Abu Jibril adalah Ridwan Abdul Hayie yang juga tewas saat berperang bersama JN melawan pasukan Suriah.

Seperti diberitakan Tazneen akan segera dideportasi. Polisi juga menyelidiki terkait aliran dana mereka di rekening milik Front Pembela Islam (FPI).

(bs)

Komentar