Wow! Raja Salman Tunjuk Perempuan Sebagai Orang Kepercayaan

JurnalPatroliNews – Jakarta, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, kembali mengeluarkan dekrit. Ia mengganti dewan penasehat kerajaan hingga deretan ulama di lembaga Islam tertinggi.

Menurut Reuters, Raja Salman menunjuk seorang pembicara dan deputi untuk Majelis Al-Shura, lembaga penasehat berpengaruh di negeri itu. Salah satunya adalah seorang perempuan.

Hal ini merupakan langkah tak biasa di Arab Saudi. Lalu siapa perempuan ini?

Ia adalah Dr Hanan Binti Abdulraheem Al-Ahmadi. Ia menduduki posisi tertinggi ketiga di Majelis Shura sekarang.

Foto: Dr Hanan Al-Ahmadi

Ia menjadi wanita Arab Saudi pertama yang menduduki posisi kepemimpinan di lembaga itu. Dia adalah seorang akademisi dengan spesialisasi di ekonomi dan manajemen kesehatan.

Mengutip Al-Arabiya, Dr. Al-Ahmadi adalah Profesor Administrasi Layanan Kesehatan di Institut Administrasi Publik di Arab Saudi. Ia juga anggota Dewan Pembina dari Forum Ekonomi Riyadh, Dewan Editorial Jurnal Administrasi Publik dan Dewan Ilmiah Institut Administrasi Publik, serta anggota Dewan Direksi Asosiasi Manajemen Saudi.

Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari King Saud University. Ia kemudian mendapatkan gelar Magister Administrasi Layanan Kesehatan dari Universitas Tulane dan gelar Doktor dalam Kesehatan Masyarakat dari Universitas Pittsburgh.

Sementara itu, Raja Salman juga merestrukturisasi Dewan Ulama Senior. Ada 20 tokoh baru di lembaga yang saat ini dipimpin Mufti Angung Sheikh Abdulaziz al-Sheikh itu.

Lembaga ini adalah badan yang bertugas dibidang agama Islam, yang mencakup komite terbatas dan terdiri dari ulama top yang diketuai Mufti. Badan memiliki wewenang mengeluarkan fatwa dan mengungkapkan pendapat syariah tentang masalah agama dan sosial di negeri itu.

(cnbc)

Komentar