Anin Kolaborasi dengan Kadin DKI Bantu UMKM Bangkit

  • Whatsapp
Istimewa

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang paling banyak terdampak krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Karena itu, sektor ini perlu mendapat perhatian agar bisa bangkit kembali, bahkan menjadi lebih maju lagi.

Bacaan Lainnya

“Saya banyak keliling daerah saat covid ini dan melihat banyak yang susah, terutama UMKM. Kita harus merangkul untuk bangkit dan maju,” kata Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie saat silaturahmi dengan Kadin DKI Jakarta di Jakarta, Senin (12/4).

Anindya Bakrie yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah mengungkapkan, di Jakarta terdapat 1,16 juta pengusaha skala mikro kecil dan 81 ribu yang skala menengah. Mereka juga terdampak dan membutuhkan bantuan.

Sebagai langkah konkrit, Anindya Bakrie melalui lembaga Bakrie Amanah menyalurkan bantuan dana untuk UMKM di Jakarta. Nantinya proses penyaluran dan pemberdayaannya akan berkolaborasi dengan Kadin DKI Jakarta.

“Ini saat yang tepat menjelang bulan Ramadan dan UMKM sulit di saat covid,” katanya.

Anin, sapaan Anindya Bakrie menyatakan, jika dirinya dipercaya memimpin Kadin, salah satu prioritasnya adalah UMKM.

“Jadi bagaimana Kadin lebih membumi. Artinya harus bisa merangkul UMKM dan pengusaha muda milenial,” lanjutnya.

Kolaborasi Bakrie Amanah dan Kadin DKI Jakarta dituangkan dalam program Kemitraan Untuk Negeri. Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh Ketua Yayasan Bakrie Amanah Hendrajanto Marta Sakti dan Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi.

Hendrajanto mengatakan, ini adalah bentuk perhatian dan tindakan nyata dari Anindya Bakrie dan Bakrie Amanah kepada UMKM di masa pendemi.

“Dalam nota kesepahaman ini Bakrie Amanah dan Kadin DKI Jakarta akan mencoba memfasilitasi bantuan dana usaha untuk 30 pengusaha mikro dan kecil yang dibina oleh Kadin DKI Jakarta dan terdampak langsung pandemic Covid-19,” ungkapnya.

Roy, sapaan Hendrajanto, juga menjelaskan bahwa Bakrie Amanah sebagai lembaga amil zakat di kelompok usaha Bakrie selama ini juga terlibat banyak dalam upaya pemberdayaan UMKM. Pihaknya selama ini dalam menyalurkan bantuan memilih konsep “pancing” dibanding “ikan” dengan zakat produktif yang digunakan dalam membantu memberdayaan ekonomi kerakyatan.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi menyambut baik kerja sama dengan Bakrie Amanah. Dia mengatakan, kolaborasi seperti ini sangat penting untuk membantu UMKM binaan Kadin DKI di saat pandemi.

“Ini mejadi momentum yang tepat ketika akan memasuki Bulan Suci Ramadan,” sambutnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM Teguh Anantawikrama mengatakan bahwa kebersamaan adalah kunci kebangkitan UMKM sebagai penyangga ekonomi. Karenanya, Teguh menyambut baik upaya upaya kolaborasi seperti ini.

“Kemitraan yang berlandaskan semangat kebersamaan dalam sebuah ekosistem terpadu untuk UKM adalah jawaban yang tepat untuk kita segera bangkit,” imbuhnya.

(askara)

Pos terkait