Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta,- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat komitmen membawa UMKM Indonesia go global melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang berlangsung pada 1-31 Desember 2022. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127 dan puncaknya UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 akan diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada kegiatan ini BRI menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih. Dalam pemilihan peserta UMKM tersebut juga mempertimbangkan aspek-aspek Environmental, Social, Governance (ESG). BRI sebagai role model penerapan prinsip-prinsip ESG juga mendorong pelaku UMKM untuk mampu tumbuh berkelanjutan. Implementasi prinsip ESG dalam proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas menjadi penilaian dalam memilih UMKM terpilih di ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 tahun ini.

Rangkaian pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang diselenggarakan secara tahunan ini meliputi Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, dan UMKM dan business matching Awards. Dimana seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga ber-impact pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 kali ini, BRI Kembali menghadirkan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan buyer internasional. BRI bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (ATDAG) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representative BRI yang berada di luar negeri. Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari tanggal 6 – 8 Desember 2022.

Kegiatan Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang diselenggarakan pada 2 Desember 2022 ini dihadiri oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Diana Nazir sebagai Kurator Brilianpreneur 2022 dan Ade Soelistyowati sebagai Owner CV. Gemilang Inovasi selaku perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Sunarso mengatakan bahwa UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produknya yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini selaras dengan tema UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang dibawa tahun ini dengan mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to the World”.

“UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso.

Komentar