BRI Dan Kemenkop UKM Gelar Mini Showcase UMKM Lokal Tampil di G20

Melalui showcase ini, BRI berupaya memperkenalkan beberapa Wastra Nusantara yang sudah mendunia yaitu songket, jumputan, tenun ikat, dan batik jawa. Sedangkan untuk produk aksesoris telah dipilih UMKM dengan produk yang berbahan baku dari alam dan ramah lingkungan misalnya tanduk kerbau, limbah kain, limbah logam, daun jagung, gedebong pisang, majalah bekas dan limbah paralon/akrilik yang disulap menjadi produk berupa sangkar burung, produk home decor, clutch, kotak music, radio digital, kacamata, gelang, dan tas.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto menuturkan BRI sebagai bank dengan bisnis utama di sektor UMKM berharap semakin banyak pelaku usaha yang mampu go global. BRI terus mendorong UMKM go global tersebut melalui beragam inisiatif, mulai dari pembiayaan, pemberdayaan, hingga business matching.

“Kami berharap mini showcase dengan tema “Brings MSMEs Indonesia to the world” pada side event G20 ini dapat menjadi momentum sarana perluasan akses pasar dan memperkenalkan produk UMKM Indonesia melalui sisi yang berbeda yang dapat dinikmati oleh para pemimpin negara dari anggota KTT G20, pelaku bisnis global hingga organisasi internasional,” ucap Amam.

Dia menambahkan BRI mempersiapkan UMKM agar dapat menghadapi tantangan pasar global yang tentunya tidak mudah karena akan bersaing dengan produk dari mancanegara, diantaranya melalui program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Program ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM hingga memiliki daya saing dan mencapai standar pasar global serta sekaligus memperluas akses pasar UMKM Indonesia keluar negeri.

Komentar