BRI Dan Kemenkop UKM Gelar Mini Showcase UMKM Lokal Tampil di G20

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presidensi G20 menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan keunikan dan daya tarik UMKM lokal ke kancah internasional. Kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk(BBRI) mewujudkan kesempatan tersebut dengan menyelenggarakan mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 selama perhelatan G20 tanggal 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski Bali.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menuturkan presidensi G20 ini menjadi kesempatan emas bagi UMKM untuk menampilkan keunikan serta kualitasnya. Oleh karena itu, dirinya menyambut positif kolaborasi bersama BRI dalam mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini.

“Presidensi G20 Indonesia bukan hanya menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga menjadi kesempatan yang baik untuk memperluas akses pasar sekaligus masuk ke rantai pasok global,” kata Teten dalam siaran pers, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengharapkan penyelenggaraan mini showcase ini dapat menjadi penghubung antara pelaku UMKM dengan stakeholder berskala global dan meningkatkan investasi pada UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara-negara G20.

Dalam mini showcase tersebut, BRI menampilkan 26 produk creme de la crème yang telah terkurasi dari 502 UMKM peserta. Produk yang ditampilkan tidak hanya memiliki kreativitas dan kualitas tinggi, namun juga berpedoman pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam aspek keunikan proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas.

Hal tersebut selaras dengan upaya BRI sebagai First Mover Sustainable Bank di Indonesia untuk mendorong penerapan prinsip ESG kepada UMKM. Di sisi lain, mini showcase ini menjadi ajang untuk memperkenalkan sekilas tentang masa depan produk Indonesia yang tersaji melalui kolaborasi budaya tradisional dengan kontemporer. Misi tersebut juga tampak dari tema mini showcase yang mengusung “Brings MSMEs Indonesia to the world”.

Terdapat 3 kategori produk yang ditampilkan pada mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yaitu home decor & craft, accessories & beauty, dan fashion & wastra, di mana peserta UMKM berasal dari beberapa provinsi yang mewakili keanekaragaman budaya Indonesia yaitu Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Selatan.