Dukung Ekspor Biji-bijian, Rusia Siap Perpanjang Inisiatif Laut Hitam di KTT G20, Tapi..!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Rusia mendukung perpanjangan inisiatif ekspor biji-bijian Laut Hitam pada KTT G20 di Bali.

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov menyebutkan bahwa dukungan tersebut diberikan selama biji-bijian lebih banyak dikirimkan ke negara-negara yang paling membutuhkan.

Dilansir dari Reuters, Rabu (16/11/2022), kesepakatan tersebut memungkinkan Ukraina untuk kembali mengekspor biji-bijian melalui Laut hitam tanpa adanya halangan dari blokade militer Rusia di Ukraina.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa pihaknya mendukung melanjutkan kesepakatan biji-bijian untuk memastikan bahwa biji-bijian yang dipasok di bawah pengaturan Laut Hitam secara khusus ditujukan ke negara-negara yang membutuhkan, bukan ke Barat.

“Oleh karena itu, kami berbicara untuk melanjutkan kesepakatan ini di bawah kendali tujuan pasokan biji-bijian sehingga biji-bijian ini masuk ke negara-negara yang benar-benar membutuhkan,” sebut Siluanov kepada kantor berita Rusia.

Sementara itu, Ukraina telah menetapkan rencana untuk mengekspor lebih banyak biji-bijian ke negara-negara miskin.

Sebab, dalam proposal yang ditetapkan oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy, Ukraina ingin membantu sekitar 5 juta orang yang sedang menghadapi kekurangan pangan akut pada akhir musim semi mendatang.

Perlu diketahui, inisiatif ekspor tersebut akan kedaluwarsa pada 19 November mendatang dan diharapkan dapat diperpanjang.

Komentar