Erick Thohir Pahlawan UMKM Indonesia, Kata Pengamat

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Peneliti media sosial Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto, menilai kepemimpinan Erick Thohir di BUMN telah berkontribusi nyata bagi pengembangan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Harus diakui bahwa selama ini ada beberapa kendala yang masih dihadapi oleh UMKM di Indonesia, seperti sertifikasi, standar produk, pemasaran, pembiayaan, akses pasar dan digitalisasi. Akan tetapi semenjak kehadiran berbagai program dari Erick Thohir yang menggandeng dan melibatkan UMKM, membuat banyak UMKM di Indonesia kian berkembang.

Menariknya, Erick Thohir paham betul bahwa UMKM itu merupakan jantung ekonomi Indonesia, karena UMKM ikut menyelamatkan ekonomi Indonesia saat krisis moneter 1998 silam. Sehingga banyak program yang digulirkan bertujuan untuk pengembangan UMKM agar ekonomi Indonesia kian bertumbuh.

Salah satunya adalah program UMKM Binaan BUMN Go Digital yang membuat para pelaku UMKM di Indonesia semakin melek digital. Selain itu, gebrakan transformasi digital yang dilakukan oleh Erick Thohir dengan program pasar digital bagi UMKM, sangat nyata memajukan UMKM di Indonesia.

Buktinya telah banyak UMKM di Indonesia bisa go digital dan menembus pasar internasional. Artinya, berbagai program akselerasi digital tersebut telah memperkuat ekosistem UMKM Digital di Indonesia.

Berbagai program penguatan UMKM, kian membuktikan bahwa sosok Erick Thohir sangat peduli dengan nasib ekonomi rakyat. Sehingga layak bila kita menyebut bahwa Erick Thohir sebagai pahlawan UMKM Indonesia, jelas Bambang Arianto.

Komentar