Kata Anies, Pengunjung Pasar Tanah Abang Capai 100 Ribu Orang

  • Whatsapp
Anies tinjau Pasar Tanah Abang (Dok tribunnews)

JurnalPatroliNews – Jakarta,–Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan, pengunjung di Pasar Tanah Abang menonjak hingga mencapai 100 ribu orang pada Minggu (2/5). Bahkan, jumlah tersebut kemungkinan besar terus bertambah. 

“Hari Sabtu (kemarin) terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35.000 jadi 87.000. Dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100.000 pengunjung,” kata Anies di Pasar Tanah Abang.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Anies mengaku telah mengambil sejumlah langkah strategis untuk mengendalikam kerumunan tersebut.

Pertama dengan melakukan sistem buka tutup Pasar Tanah Abang bagi masyarakt yang hendak melakukan aktivitas jual beli.

“Jadi Mulai sore ini pasar akan ditutup dibagi ada yang jam 4 dan tutup jam 5 untuk menghindari keluar bersamaan dan kemudian menuju ke titik yang hampir sama,” kata Anies.

Kemudian, pihaknya juga telah melakukan koordinasi bersama PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk mengatur jadwal keberangkatan kereta yang masuk ke Stasiun Tanah Abang.

Pasalnya, berdasarkan data hampir separuh dari jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang menggunakan akses kereta api.

“Kemarin 45.000 (pengunjung naik kereta) jadi hampir separuh menggunakan kereta api. Sore hari ini pengendalian di pasar dan sekitar stasiun,” ucapnya.

“Maka dari itu mulai besok sore akan ada perubahan jadwal kereta KCI yang melintasi ST Tanah Abang. Sore besok pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 19.00.WIB kereta tidak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang sehingga tidak angkut penumpang dari sana,” tuturnya.

Sebagai alternatif lanjut Anies, Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan bus Transjakarta yang beroprasi dari Jalan Jati Baru menuju stasiun.

“Bagi para pedagang atau penumpang yang perlu kendaraan umum dapat difasilitasi kendaraan lain,” ucapnya.

Terakhir kata Anies, pihaknya melarang para pedagang untuk menjual barang dagangannya di luar Pasar Tanah Abang.

“Di jalan-jalan trotoar tidak ada kegiatan berjualan. Besok petugas kita kita akan berjaga. Semua kegiatan jual beli di lakukan dalam pasar,” tandasnya.

(askara)

Pos terkait