Kick Off Revitalisasi Toilet Pariwisata Dimulai, Sandiaga Uno Tuai Pujian Netizen

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Kick Off Revitalisasi Toilet dimulai pada Rabu (17/3/2021) di Pantai Kuta, Bali dan 5 destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang.

Selain Bali, 5 destinasi pariwisata super prioritas mengikuti kick off revitalisasi toilet lewat daring dari daerah masing-masing, untuk Likupang dilaksanakan di Pantai Pulisan.

Revitalisasi toilet di daerah-daerah pariwisata tersebut merupakan komitmen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam membangkitkan sektor pariwisata dan merupakan kerja sama dari banyak pihak, baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, institusi pendidikan hingga media massa.

Dalam konferensi pers usai kegiatan, sebagaimana yang juga di unggah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada akun Instagramnya @sandiuno dijelaskan, keberadaan toilet di destinasi wisata merupakan hal penting karena merupakan simbol pelayanan bahkan penanda peradaban modern.

“Tanpa toilet yang bersih dan berfungsi baik maka runtuh persepsi kepuasan pelayanan. Demikian juga dalam konteks pariwisata, toilet yang berkualitas akan diingat sebagai kesan sepanjang perjalanan,” ujar Sandi Uno.

Lanjutnya, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas perlindungan kesehatan masyarakat di bidang pariwisata serta menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kemenparekraf sendiri telah melakukan beberapa kebijakan dan program yang dimaksudkan untuk menciptakan destinasi yang lebih baik dalam hal kebersihan lingkungan bahkan sanitasi.

Dalam pemaparan masing-masing daerah, turut dijelaskan oleh Kepala Daerah tentang realisasi revitalisasi toilet yang telah dimulai ataupun telah disiapkan termasuk kendala yang dihadapi.

(srisurya)

Komentar