Lebih Dari Blok Masela, ESDM Sebut Ada ‘Harta Karun’ Migas Raksasa Di Papua!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian ESDM mengidentifikasi potensi sumber daya minyak dan gas bumi (migas) yang besar. ‘Harta karun’ migas itu terletak di Papua yang lokasi tepatnya berada di dekat perbatasan dengan Papua Nugini.

Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengatakan, potensi migas itu berada di Cekungan Warim.
“Yang besar aja ya di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini, itu ada cekungan di sana, ada lapangan, wilayah kerja yang cukup besar namanya Warim. Ini yang kita fokuskan. Warim itu ada gas, ada minyak, itu gede sekali,” katanya, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Namun, Tutuka mengatakan, cekungan ini berdekatan Taman Nasional Lorentz. “Jadi kita coba approach di luar Taman Lorentz bisa dulu nggak? Itu yang besar yang target kita,” ujarnya.

Tutuka mengatakan, potensi sumber daya di cekungan ini sangat besar. Potensi sumber daya ini berupa gas dan minyak.

Namun, Tutuka tak memaparkan secara detail. Dia hanya bilang, potensi sumber dayanya masuk kelas raksasa (giant). Bahkan, ujarnya, melebihi potensi sumber daya Blok Masela.

“Tapi gede lah, kelas giant lah, kalau kelas giant pasti ukuran Masela lebih gitu, potensi sumber dayanya. Itu pertama, kita mau upayakan itu, hubungannya dengan KLHK dan sebagainya kita harus kerja sama bagaimana menyelesaikan itu, kan ada taman nasional tadi. Tapi kalau di luarnya masih bisa kita mulai dari situ dulu,” jelasnya.

Komentar