Luhut: Ada Pejabat Tinggi Pertamina Dipecat Presiden Langsung

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan salah satu pejabat di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram. Presiden Jokowi bahkan mengambil langkah keras dengan memecat pejabat tersebut.

“Ada pejabat tinggi Pertamina itu kemarin dipecat presiden langsung,” kata Luhut dalam rakornas BPPT 2021, Selasa (9/3/21).

Luhut mengungkapkan bahwa Jokowi kesal pejabat tersebut tidak bisa mengikuti regulasi penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada proyek yang terutama terkait pipa Pertamina.

“Bikin pipa. Pertamina itu ngawurnya minta ampun. Masih impor pipa padahal bisa dibuat di Indonesia. Bagaimana itu?” tanya Luhut.

Padahal aturan TKDN menjadi salah satu cara agar ketergantungan Indonesia pada produk impor tidak berkepanjangan. Jika pejabat tinggi di BUMN saja tidak bisa mengikutinya, maka wajar jika Jokowi geram.

Namun, Luhut enggan menyebut siapa nama pejabat yang terdepak dari kursi panas perusahaan pelat merah tersebut. “Kamu cek saja siapa yang diganti itu,” sebutnya.

[cnbc]

Komentar