Menteri Koperasi Ajak Pebisnis Gerobakan Naik Kelas Cari Modal di Bursa Efek Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengimbau agar pelaku UMKM mulai mempersiapkan diri untuk melantai dan mencari modal di bursa efek. Menurutnya bila UMKM mau naik kelas salah satu caranya adalah menjadi perusahaan terbuka dan menawarkan sahamnya ke masyarakat.

Teten menyebut pelaku UMKM bagaikan ‘pasukan semut’. Meski bentuknya kecil, kapasitasnya dalam perekonomian Indonesia sangat besar. Maka dari itu, peran UMKM tak bisa dianggap remeh.

“UMKM punya kontribusi besar untuk ekonomi nasional. 61% PDB kita kontribusinya itu dari UMKM. 97% lapangan kerja disediakan oleh usaha mikro. Jangan dianggap enteng nih, ‘pasukan semut’ ini,” ujar Teten saat menghadiri pencatatan saham perdana SKB Food atau yang biasa dikenal sebagai pengelola Kebab Baba Rafi, Jumat (5/8/2022).

Menurut Teten, SKB Food harus menjadi contoh sebagai pengelola franchise kaki lima berani untuk melantai di bursa efek. Dia meminta UMKM untuk memiliki tata kelola perusahaan yang baik sehingga bisa menawarkan sahamnya ke publik.

“Puncak program UMKM naik kelas adalah saat UMKM go public di bursa,” tegas Teten.

Program Urun Dana

Bagi UMKM yang belum siap melantai di bursa, Teten mendorong agar pelaku usaha mencari informasi dan menjajal program urun dana alias security crowdfunding (SCF) di Bursa Efek Indonesia.

Komentar