Program Naik Kelas, KemenkopUMKM Bentuk Forum Kemitraan, Gandeng  BUMN & Usaha Besar

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggandeng sejumlah lembaga dan kementerian untuk menghubungkan koperasi, UMKM, dan IKM ke dalam rantai pasok global. Hal ini diwujudkan dalam Forum Kemitraan UMKM/IKM dengan BUMN dan Usaha Besar yang diselenggarakan di Smesco Indonesia, Jakarta.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki mengatakan Presiden Jokowi memberi tugas kepada pihaknya dan beberapa lembaga lainnya untuk mendorong UMKM naik kelas.

“Saat ini UMKM yang terhubung rantai pasok global baru mencapai 4,1%, sedangkan untuk dalam negeri kemitraan usaha besar dan UMKM baru 7%. Oleh karenanya, kami mengembangkan program UMKM naik kelas. Salah satunya kemitraan UMKM dengan BUMN dan usaha besar,” ujar Teten dalam keterangan tertulis, Kamis (24/11/2022).

Lembaga yang akan bersinergi di antaranya Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, dan Kementerian Investasi/BKPM. Forum Kemitraan ini melibatkan 17 BUMN dan Anak Perusahaan, 2 Usaha Besar dan 850 UMKM/IKM.

Ia menjelaskan ada dua upaya yang dilakukan untuk mendorong kemitraan UMKM. Pertama, BUMN membeli produk UMKM melalui PaDi UMKM. Kemudian yang kedua, memasukkan UMKM dalam rantai pasok BUMN dan swasta (usaha besar) agar terbentuk pola kemitraan.

Contohnya seperti koperasi dan UMKM di Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok yang diarahkan untuk menjadi bagian dari industri otomotif, makanan, kesehatan, pertanian, dan lainnya.

“Jadi UMKM enggak lagi usaha sendiri-sendiri tapi menjadi bagian industri. Ini yang kita ingin bangun. Dengan kemitraan antara UMKM dan usaha besar ada transfer pengetahuan dan manajemen bisnis,” jelasnya.

Dengan demikian, UMKM bisa naik kelas dan berevolusi dari memproduksi barang dan jasa dengan skill rendah menjadi menciptakan produk berbasis kreativitas dan teknologi.

“Dengan cara ini, UMKM bisa menjadi bagian industrialisasi. Kalau industri berkembang, UMKM juga tumbuh, tidak tertinggal di bawah. Ini juga merupakan upaya kita untuk menyiapkan Indonesia menjadi empat kekuatan besar di dunia,” ungkapnya.

Ia menambahkan BUMN dan Usaha Besar akan mendapatkan keuntungan jika bermitra dengan UMKM seperti yang diamanatkan dalam UU Cipta Kerja. “Untuk mendorong kemitraan, berbagai insentif sudah diberikan, seperti pajak, upah minimum, dan ekosistemnya,” ucapnya.

Komentar