Terkait Korupsi Pengadaan Insinerator, Kajari Manado : Tampak Benang Merahnya Siapa DitetapkanTersangka

JurnalPatroliNews – Manado,– Kejari Manado terus mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan insinerator di Dinas Lingkungan Hidup.

Penyidik Kejari Manado yang terdiri dari Parsaoran Simorangkir dan Ronny bersama tim ahli/teknis dari Politeknik Negeri Manado serta Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup yang pada waktu itu menjabat Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) proyek pengadaan 5 unit insinerator telah melakukan pemeriksaan ke lapangan.

Dijelaskan Kajari Manado, Lima insinerator dimaksud yaitu 4 unit insinerator umum dan 1 unit medis dengan banderol sekitar Rp11 milyar yang berlokasi di Kecamatan Singkil, Paal Dua dan Wanea.

“Dari pemeriksaan di lapangan secara umum tampak proyek tersebut sangat memprihatinkan padahal usianya baru sekitar 1 tahun,” kata Maryono dalam rilis yang diterima JurnalPatroliNews, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, tampak proyek insinerator umum tersebut tidak terawat dan kondisinya tidak sesuai dengan harga yang mencapai milyaran per unitnya.

“Menurut informasi barang tersebut terakhir beroperasi bulan November 2020 bahkan ada yang sudah bulan Juni 2020 tidak bisa operasi karena rusak pada pompa blower minyak/oli, komponen yang tidak standar sehingga cepat panas, kabel meleleh dan lain lain,” ujar Kajari.

Sedangkan untuk insinerator medis malah belum bisa difungsikan karena belum ada izin pembuangan limbahnya termasuk asapnya sangat berbahaya bagi masyarakat sekitar.

“Dalam waktu dekat tim ahli/teknik dari Politeknik Negeri Manado akan menyerahkan hasil temuan dilapangan secara terinci kepada penyidik Kejari Manado,” ungkapnya.

Menurut Maryono, apabila temuan tersebut tidak sesuai dengan RAB dalam kontrak maka proyek tersebut tidak sesuai dengan bestek dan selisihnya itu menjadi kerugian keuangan negara.

“Sudah mulai tampak benang merah siapa yang paling bertanggung jawab untuk ditetapkan sebagai tersangka,” tandas Kajari.

Untuk memperkuat penyidikan menurutnya, telah dijadwalkan pemeriksaan Kepala Inspektorat Kota Manado.

“Dalam minggu ini penyidik Kejari Manado akan memeriksa Kepala Inspektorat Kota Manado yang sedikit banyak mengetahui sangkut marut proyek insinerator ini,” pungkasnya.

(***/BennyManoppo)

Komentar