Tinjau Vaksinasi COVID-19 HIPMI Jaya Peduli, Ketua Satgas Apresiasi Kontribusi Dunia Usaha

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang telah berkontribusi secara langsung dalam pengendalian COVID-19 di Tanah Air melalui program vaksinasi.

Hal itu disampaikan Ganip saat melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya Peduli di SMA Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (6/7).

“Bagus sekali, ya. Terima kasih telah berkontribusi untuk Tanah Air,” Kata Ganip kepada para relawan HIPMI.

Adapun bentuk kontribusi tersebut menurut Ganip adalah bagian dari wujud implementasi peran ‘Pentaheliks’ dalam penanggulangan bencana non-alam.

Di sisi lain, sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2007, dunia usaha menjadi bagian dari komponen penting penanggulangan bencana.

Dalam hal ini, Ganip berharap agar kiprah yang dilakukan HIPMI melalui program vaksinasi tersebut dapat mendorong unsur lainnya dalam rangka penanggulangan COVID-19 di Tanah Air.

“Kami harap ini dapat mendorong pengendalian COVID-19 di Tanah Air,” jelas Ganip.

Sasar Pelaku UMKM

Pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan HIPMI tersebut menyasar para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan warga sekitar dengan target 6.000 peserta.

Adapun dari jumlah tersebut, panitia menargetkan penyuntikan vaksin kepada 600 penerima per hari.

Jadwal pemberian vaksin dilakukan dalam 10 hari untuk vaksinasi pertama yang dimulai pada tanggal 3 – 12 Juli 2021.

Kemudian vaksinasi tahap kedua akan dilakukan pada tanggal 31 Juli – 9 Agustus 2021 dan bertempat di lokasi yang sama.

Dalam hal ini, seluruh peserta akan menerima vaksin Sinovac.

Penyelenggaraan vaksinasi tersebut juga dilakukan dengan tenaga relawan dan tenaga kesehatan yang profesional dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat mulai dari disinfeksi peserta, pengukuran suhu tubuh, screening kesehatan, penyuntikan vaksinasi dan observasi peserta setelah vaksinasi.

Turut serta dalam peninjauan tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan vaksinasi di Badan PPSDM Kementrian Kesehatan.

Komentar