Catatan Penting Ini Jadi Modal Indonesia lawan Jepang di Piala Asia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sejak pertemuan timnas Indonesia dan timnas Jepang beberapa tahun silam di berbagai ajang sepakbola, tidak serta-merta membuat timnas Indonesia selalu dikalahkan oleh timnas Jepang. 

Tidak hanya itu, juru racik timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata punya catatan apik menghadapi Jepang. Ia belum pernah kalah saat menghadapi Samurai Biru.

Timnas Indonesia akan bertarung melawan Jepang dalam laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, hari ini Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Jepang lebih diunggulkan ketimbang skuad Garuda. Sebab, tim asuhan Hajime Moriyasu merupakan negara terkuat di ajang ini.

Di sisi lain, timnas Indonesia adalah tim yang ranking FIFA rendah. Namun, mau tidak mau Asnawi Mangkualam tidak boleh kalah jika ingin lolos 16 besar Piala Asia 2023.

Modal bagus dimiliki Shin Tae-yong jelang lawan Jepang. Juru taktik berusia 53 tahun ini ternyata memiliki catatan bagus menghadapi skuad Samurai Biru.

Saat masih menjadi pemain, Shin Tae-yong pernah berhadapan dengan Jepang dalam laga uji coba. Kala itu hasilnya imbang dengan skor 1-1.

Bukan hanya itu, ketika masih melatih Korea Selatan, Shin Tae-yong juga pernah menghajar Jepang. Pertemuan itu terjadi di Kejuaraan Sepak Bola Asia Timur 2017.

Taeguk Warriors sukses membantai Jepang dengan skor telak 4-1. Meski tertinggal lebih dulu, Korea Selatan mampu comeback.

Terlebih Shin Tae-yong menegaskan dirinya sudah paham dengan sepak bola Jepang.

“Saya memiliki banyak pengalaman bermain melawan Jepang sebagai pemain dan sebagai head coach, dan sebagai coach. Jelas, Indonesia lebih lemah dari Jepang,” terang Shin Tae-yong.

“Tetapi saya masih ingin mencoba yang terbaik dengan pemain saya, untuk memiliki performa yang baik, untuk mendapatkan hasil yang baik. Ya, tapi jelas, saya memiliki perasaan tertarik bermain melawan Jepang,” pungkasnya.

Komentar