Jumat, 11 Januari 2019 04:23 WIB

BOLA NASIONAL

24 Pemain U-16 Indonesia Dikirim ke Birmingham, Inggris

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
24 Pemain U-16 Indonesia Dikirim ke Birmingham, Inggris Foto : Denis Wise (kiri) bersama Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria

JURNALPATROLINEWS – 24 pemain U-16 Indonesia berkesempatan untuk menimba ilmu sepakbola di Birmingham, Inggris. Mereka akan berada di sana selama enam bulan untuk berlatih di bawah arahan Des Walker, mantan pemain tim nasional Inggris.

Para pemain yang terpilih ini merupakan hasil seleksi dari program Elite Pro Academy. Kejuaraan U-16 garapan PSSI itu sudah berlangsung sejak akhir 2018 lalu.

Mayoritas pemain yang terpilih merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-16 yang memenangkan Piala AFF U-16 2018. Total, ada 20 pemain jebolan tim asuhan Fakhri Husaini.

PSSI menggandeng SuperSoccer TV untuk membuat program bernama Garuda Select ini. Dengan harapan para pemain yang terpilih bisa menjadi tulang punggung untuk Timnas Indonesia.

"Program ini memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi anak-anak muda berbakat di Indonesia bertumbuh kembang menjadi lebih besar dari sekadar pemain sepakbola," kata Dennis Wise, mantan pemain tim nasional Inggris, selaku Direktur Teknik Garuda Select.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan program Garuda Select bertujuan untuk membentuk tim guna menatap Olimpiade 2024 Paris. Hal itu sesuai dengan program rancangan PSSI menembus level internasional.

"Kami siapkan lima tahun sebelumnya, yakni tahun ini. Hasil Pro Elite Academy ini yang nantinya akan kami naikkan. Kami siap melakukan apa yang seharusnya dilakukan agar menunjang program ini," tuturnya.

Business Development Director SuperSoccer TV, Mirwan Suwarso, menjelaskan alasan pihaknya mau bekerja sama dengan PSSI. Mereka menjalin kerja sama selama 10 tahun ke depan karena melihat peluang bisnis besar dari program ini.

"Kami tertarik bekerja sama dengan PSSI dan membentuk sebuah program komersial jangka panjang yang saling menguntungkan. Program elite pro Garuda Select ini bukan sekadar bentuk kerja sama sponsor atau donasi, namun lebih kepada peluang bisnis." tutur Mirwan.

 

Daftar Pemain U-16 Indonesia yang Dikirim ke Inggris:

Kiper: Ahludz Dzikri Fikri, Risky Muhammad Sudirman, Ernandi Ari Sutaryadi.

Bek: Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Kartika Vedhayanto Putra, Liba Valentino, Mochamad Yudha Febrian, Muhammad Reza Fauzan, Komang Teguh Trisnanda, Fadilah Nur Rahman, Vito Rendy Candra, Muhammad Salman Alfarid.

Tengah: Brylian Negietha Dwiki Aldama, David Maulana, Sandi Arta Samosir, Alif Jaelani, Andre Oktaviansyah, Braif Fatari, Mochammad Supriadi, Yadi Mulyadi, Muhammad Fajar Fathur Rachman.

Depan: Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Sutan Diego Zico, Amanar Abdillah.


Berita Terkait
KOMENTAR