Minggu, 06 Januari 2019 22:37 WIB

BOLA SEJAGAT

Babak Penyisihan Grup Piala Asia 2019, India Libas Thailand 4-1

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Babak Penyisihan Grup Piala Asia 2019, India Libas Thailand 4-1 Foto : Pemain India melakukan selebrasi

JURNALPATROLINEWS – Timnas India memetik kemenangan telak dengan skor 4-1 kala menghadapi Thailand dalam laga lanjutan babak penyisihan grup Piala Asia 2019. Dalam laga ini, kedua kesebelasan sebenarnya mampu bermain imbang di babak pertama. Sayangnya, di babak kedua, para pemain Thailand kehilangan konsentrasinya.

Setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, para pemain India langsung tancap gas membangun serangan. Akan tetapi, Thailand memiliki pertahanan disiplin yang tak mudah ditembus. Selain itu, Thailand juga tak ragu untuk memberi serangan balasan begitu mendapat kesempatan. Seperti terjadi di menit ke-11 kala Adisak Kraisorn melepaskan tembakan dari jarak 27 yard. Sayangnya, bola masih melenceng tipis.

Meski kedua kesebelasan saling melancarkan serangan, namun pada akhirnya India yang mencetak gol lebih dulu, Pada menit ke-27 India mendapat hadiah penalti setelah pemain Thailand, Theerathon Bunmathan, melakukan handball di kotak terlarang. Eksekusi diambil oleh Sunil Chettri dan dengan sempurna menjalankan tugasnya hingga membawa India memimpin 1-0.

Keunggulan India tersebut hanya bertahan sebentar karena di menit ke-33, Thailand menyamakan kedudukan. Bunmathan membayar kesalahannya dengan memberikan umpan cantik kepada Teerasil Dangda, yang kemudian mengkonversinya menjadi gol melalui sundulan. Skor kini sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, India langsung tancap gas. Memanfaatkan kondisi para pemain Thailand yang sepertinya belum siap, India langsung mencetak gol ketika babak kedua baru berjalan satu menit. Menerima umpan dari Ashique Kuruniyan, Chettri dengan gemilang membuat sentuhan pertamanya di babak kedua ini menjadi gol. India kembali unggul, 2-1.

Setelah kembali tertinggal, Thailand sebenarnya tak lantas menyerah. Tim Gajah Perang terus melakukan upaya menyamakan skor. Kendati begitu, pada menit ke-68 justru India yang memperlebar keunggulannya. Kali ini giliran Anirudh Thapa yang mencatakan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Udanta Singh. India pun menjauh 3-1.

Pada menit ke-80, India semakin menambah derita Thailand kala mereka kembali mencetak gol. Kali ini gol diciptakan oleh Jeje Lalpekhlua. Pada akhirnya, pertandingan pun berakhir dengan kemenangan 4-1 India atas Thailand.

 

Susunan Pemain:

Thailand: Chatchai Budprom; Tristan Do, Chalermpong Kerdkaew, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan; Thitipan Puangchan, Sanrawat Dechmitr; Adisak Kraisorn, Chanathip Songkrasin, Supachai Jaided; Teerasil Dangda.

India: Gurpreet Singh Sandhu; Pritam Kotal, Sandesh Jhingan, Anas Edathodika, Subhasish Bose; Udanta Singh, Pronay Halder, Anirudh Thapa, Halicharan Narzary; Ashique Kuruniyan, Sunil Chhetri.


KOMENTAR