Senin, 07 Januari 2019 02:35 WIB

LIGA SPANYOL

Di Hadapan Publik Santiago Bernabeu, Sociedad Permalukan Madrid 2-0

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Di Hadapan Publik Santiago Bernabeu, Sociedad Permalukan Madrid 2-0 Foto : Real Madrid vs Real Sociedad (Foto: Media Real Madrid)

JURNALPATROLINEWS – Real Madrid harus menelan luka kala takluk dengan skor 0-2 dari tamunya, Real Sociedad, dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2018-2019. Dalam pertandingan ini, Madrid sebenarnya punya cukup banyak peluang, namun penyelesaian akhir mereka buruk. Ditambah lagi Madrid harus bermain dengan 10 orang setelah Lucas Vazquez dua kali kartu kuning.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Meski bermain sebagai tim tamu, namun Sociedad tak ragu melancarkan serangan terlebih dahulu. Pada menit kedua Mikel Merino dijatuhkan oleh Casemiro di kotak terlarang. Tak ayal, hal itu membuat wasit langsung menunjuk titik putih. Willian Jose yang maju sebagai eksekutor mampu memperdaya Thibaut Courtois dan membawa Sociedad unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Madrid langsung tampil agresif. Maklum saja, sebagai tuan rumah, Los Blancos jelas tak ingin dipermalukan. Di menit ke-10, Madrid pun memperoleh peluang emas. Karim Benzema memiliki kesempatan mencetak gol setelah ketika ia menyambar bola yang gagal dikontrol Vinicius Junior. Sayangnya, sepakan Benzema masih melebar.

Madrid terus menekan Sociedad demi mencari gol penyeimbang. Peruntungan pun dicoba oleh Luka Modric kala ia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih bisa ditepis Rulli. Si kulit bundar sebenarnya lekas disambar Vinicius, namun si striker muda sudah berada dalam posisi off-side.

Tuan rumah sebenarnya mampu memiliki banyak peluang untuk bisa menyamakan skor. Sayangnya penyelesaian akhir yang tidak sempurna membuat keadaan tak kunjung berubah. Seperti yang terjadi di menit ke-31 kala sepakan Casemiro masih bisa diblok Moreno. Begitu pun upaya dari Modric tak lama setelahnya, namun tendangannya masih bisa dihadang.

Di menit ke-44, Madrid hampir menyamakan keadaan ketika umpan dari Lucas Vazquez yang terlalu deras membentur tiang gawang. Pada akhirnya, babak pertama pun usai dengan keunggulan 1-0 Sociedad atas Madrid.

Babak Kedua:

Di babak kedua, Madrid langsung melakukan tekanan. Dua menit laga berjalan, Modric melepaskan tembakan, yang kemudian menghasilkan sepak pojok. Toni Kroos kemudian mengambil sepak pojok tersebut dan mengirimkan bola langsung ke kotak penalti Sociedad. Bola lalu disambut Raphael Varane dengan tandukannya dan terciptalah kemelut. Sayang, Madrid tak bisa memaksimalkan kemelut itu menjadi gol.

Tak berhenti sampai di situ, Madrid kembali menggempur pertahanan Sociedad. Kali ini upaya datang dari Vinicius pada menit ke-51 yang melepaskan tendangan kaki kanan. Kendati demikian, sepakannya masih melebar dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Sociedad.

Alih-alih berusaha menyamakan kedudukan, Madrid justru harus menjalani laga dengan 10 pemain sejak menit ke-61 karena Lucas Vazquez mendapatkan kartu kuning keduanya di laga ini. Pasalnya, Vazquez menjatuhkan Merino dari belakang, yang membuat wasit tak ragu memberinya hukuman.

Meski bermain dengan 10 pemain, namun Madrid tetap tidak menyerah untuk bisa mencetak gol. Di menit ke-67 kubu tuan rumah mendapat peluang ketika Vinicius melepaskan tendangan first time. Akan tetapi, bola masih bisa ditepis Rulli. Bola muntah sebenarnya sempat disambar Sergio Ramos, namun Rulli bertindak sigap dan berhasil kembali menggagalkan peluang Madrid tersebut.

Sial bagi Madrid, pada menit ke-83 kubu tuan rumah harus kembali kebobolan. Gol dilesakkan oleh Ruben Pardo melalui sundulannya setelah menerima umpan dari Willian Jose. Papan skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Sociedad. Keadaan itu pun terus bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

 

Susunan Pemain:

Real Madrid: Thibaut Courtois; Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Daniel Carvajal; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Vinicius Junior, Karim Benzema, Lucas Vazquez.

Real Sociedad: Geronimo Rulli; Aritz Elustondo, Diego Llorente, Hector Moreno, Aihen Munoz; Mikel Merino, Asier Illarramendi, David Zurutuza; Adnan Januzaj, Willian Jose, Mikel Oyarzabal.


KOMENTAR