JPNews
Jumat, 11 Januari 2019 04:08 WIB

SOCCERTAINMENT

Maha Jannoud, Pelatih Sepakbola Wanita Pertama di Timur Tengah

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Maha Jannoud, Pelatih Sepakbola Wanita Pertama di Timur Tengah Foto : Pelatih cantik Al Muhafaza, Maha Jannoud

JURNALPATROLINEWS - Pelatih sepakbola wanita untuk sebuah tim putra, sulit untuk ditemui atau mungkin tak ada. Namun, nyatanya di Suriah ada sosok cantik bernama Maha Jannoud di balik kesuksesan klub lokal Al Muhafaza.

Pelatih berparas cantik tersebut berhasil membawa Al Muhafaza meraih kesuksesan. Jannoud yang berusia 32 tahun telah membawa klub yang diasuhnya promosi ke liga utama.

Bukan hanya itu, tim asuhannya sudah memenangkan delapan dari 10 pertandingan musim ini.  Menariknya lagi, dia merupakan wanita pertama di Timur Tengah yang menjadi pelatih sepakbola profesional.

Sebelum mengasuh Al Muhafaza, Jannoud bergabung di tim nasional (timnas) Suriah. Dengan dandanan yang sporty, dia terlihat  mengarahkan para pemainnya saat berlatih.

"Sebenarnya tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam latihan seperti ini. Semuanya sama saja," kata Jannoud dilansir channelnewsasia.

Awalnya, penunjukan Jannoud sempat ditentang oleh beberapa anggota klub Al Muhafaza. Tak lain karena ia diragukan bisa membawa tim ke performa yang baik. Namun, akhirnya Jannoud berhasil membuktikannya layak sebagai pelatih.

"Awalnya agak sulit menerima keberadaan Maha Jannoud sebagai pelatih. Tapi, lama-kelamaan kami terbiasa dengannya. Dia sangat luar biasa. Dia bisa menempatkan diri sebagai pelatih, teman, dan kakak perempuan," kata anggota klub Al Muhafaza, Amjad Katkout.


KOMENTAR