Dukung Ketahanan Pangan Masyarakat, PT Agro Andalan Inisiasi Panen Padi Perdana di Desa Setawar

JurnalPatroliNews, Sekadau Kalbar : Guna mendukung ketahanan pangan masyarakat, PT Agro Andalan bekerja sama dengan kelompok tani Glo Tado Desa Setawar melakukan panen padi perdana kelompok tani di Desa Setawar, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, belum lama ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala DKP3 Kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hulu, Kades Tapang Perodah, Kades Nanga Pemubuh, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Setawar serta pihak PT Agro Andalan yang menginisiasi kegiatan ini.

Plantation Head PT Agro Andalan, Jonner Silaen mengatakan, kegiatan pemberdayaan kelompok tani tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk selalu mendukung peningkatan ketahanan pangan masyarakat lokal.

“Meskipun perusahaan kami bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, namun melalui program CSR, tentunya kami memperhatikan juga upaya-upaya masyarakat di desa binaan kami dalam meningkatkan ketahanan pangan lokal yang berkelanjutan. Harapannya agar kelompok Tani Glo Tado ini bisa melakukan panen dalam setahun 3 kali,” kata Jonner, Jumat, 16 April 2021.

Kepala DKP3 Kabupaten Sekadau, Sandae, mengapresiasi PT Agro Andalan yang telah menginisiasi kegiatan tersebut dan mau terlibat aktif mendorong masyarakat di wilayah kerjanya untuk semakin produktif.

“Sebagai bentuk dukungan kami dari dinas, kami melakukan pendampingan melalui PPL, dan masalah bantuan pupuk setiap tahun ada,” ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan PT Agro Andalan tersebut tentunya bisa menjadi contoh bagi pihak lainnya dalam memberdayakan masyarakat. Untuk itu, Sandae berharap, perusahaan lainnya di Kabupaten Sekadau tetap memerhatikan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

“Selain fokus di bidang sawit, ya di bidang pertanian didukung juga dan harus diperhatikan seperti yang dilakukan PT Agro Andalan ini,” ujar Sandae.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari menyampaikan, bahwa PT Agro Andalan sudah banyak membuat terobosan demi kepentingan masyarakat. “Tentunya kita berharap agar perusahaan lain bisa melakukan hal yang sama,” harapnya.

Sementara itu, Kades Setawar, Agus menyampaikan, terima kasih kepada perusahaan atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kami berharap supaya nanti pihak perusahaan, poktan yang dinaungi BUMDes bisa bermitra. Supaya kedepannya gapoktan bisa menyuplai beras ke pihak PT Agro Andalan,” tuturnya.

“Jujur saya sampaikan kalau PT Agro Andalan ini sangat luar biasa kontribusinya. Padahal, perusahaan inikan berkecimpung di bidang sawit, tapi perhatiannya di bidang pertanian di desa binaannya sangat luar biasa. Jadi, mewakili masyarakat saya sampaikan rasa terima kasih,” pungkas Agus. (**/Ya)

Komentar