Pohon Suar Tumbang di Tegallenga, Timpa Pelinggih Milik Warga

JurnalPatroliNews – Seririt,- Sebuah pohon suar berdiameter kurang lebih 120 cm tumbang, sehingga menghalangi akses Jalan Singaraja – Gilimanuk tepatnya di Banjar Dinas Tegallenga, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt, Minggu, (26/2/2023).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi menjelaskan, penanganan langsung ke tempat kejadian oleh Tim Respon Cepat (TRC) Regu II yang dibantu dengan relawan setempat dan Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Kalisada.

Pohon itu menimpa penyengker dan pelinggih milik warga setempat bernama Made Dody Tisna Negara, 41, serta gapura dan pintu gerbang milik Made Sumpena, 71.

Dalam kejadian tersebut diindikasi penyebab dari pohon tumbang karena akar yang sudah lapuk. Tim TRC membutuhkan waktu selama tiga setengah jam untuk membersihkan potongan kayu di lokasi kejadian. “Akar pohon itu sudah lapuk sehingga pohon tumbang,” ucap Ariadi.

Kerugian yang ditimbulkan dari kejadian tersebut yaitu kerusakan pada penyengker dan pelinggih milik Made Dody Tisna Negara, serta kerusakan gapura dan pintu gerbang milik Made Sumpena yang diperkirakan mengalami total kerugian sebesar kurang lebih Rp 25 juta. Namun, beruntungnya dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa.

Komentar