Wagub Cok Ace Ungkap Digitalisasi Kunci Membuka Potensi Ekonomi Baru Di Bali

JurnalPatroliNews – Denpasar,- Digitalisasi merupakan salah satu program prioritas yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati saat menjadi Keynote Speaker dalam BALIGIVATION, Bali Digital Innovation Festival 2023 bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Kamis (Wraspati Wage, Medangkungan), 9 Maret 2023.

“Yang pertama apa yang kita pikirkan adalah memasang wifi di seluruh desa adat dan fasilitas umum di Bali. Kita harapkan adalah komunikasi antara desa dengan sumber-sumber informasi dapat cepat terjalin sehingga informasi dapat berkembang dengan pesat,” ungkap Cok Ace.

Pemprov Bali sendiri, kata Cok Ace, telah mengembangkan infrastruktur digital melalui pembangunan jaringan fiber optik dan layanan wifi gratis bagi seluruh desa adat yang berjumlah 1.493 desa adat, Puskesmas, sejumlah objek wisata serta seluruh SMA, SMK, SLB Negeri Se-Bali. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi.

Menurut Cok Ace implementasi digitalisasi di Provinsi Bali sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru.

Dalam rangka mewujudkan ekonomi Bali yang tangguh, stabil dan berkelanjutan, Pemerintah Provinsi Bali berupaya mengembangkan struktur fundamental perekonomian Bali yang selama ini masih didominasi oleh sektor pariwisata.

Untuk mencari sektor-sektor perekonomian potensial baru untuk menopang kebutuhan ekonomi masyarakat Bali, digitalisasi dirasa merupakan kunci utamanya.

“Transformasi digital merupakan kunci utama untuk mencapai keberhasilan dalam mewujudkan Bali yang berdaulat pangan, sandang dan papan,” ungkapnya.

Komentar