JPNews
Minggu, 06 Januari 2019 13:21 WIB

OPREK

Asus Pro P5440UA Cocok untuk Para Business Traveler

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Asus Pro P5440UA Cocok untuk Para Business Traveler Foto : Asus Pro P5440UA

JURNALPATROLINEWS – Pekerja dengan mobilitas tinggi atau yang biasa traveling untuk urusan bisnis, pasti membutuhkan perangkat pendukung kerja yang ringan namun memiliki performa kuat. Nah, untuk urusan yang satu ini, tidak ada salahnya jika melongok lebih dalam laptop profesional besutan Asus, yakni Asus Pro P5440UA.

Harganya memang cukup mahal untuk ukuran sebuah laptop, tapi jika dibanding laptop untuk bisnis lainnya, harga Asus termasuk paling terjangkau. Ini memang bukan laptop murahan karena benar-benar didesain dan dibuat untuk bisa memenuhi kebutuhan kerja para pebisnis yang tak pernah bisa menetap di satu tempat atau meja kantor. Tidak heran jika harganya mencapai Rp17 jutaan.

Dari sisi desain, memang tak begitu mengecewakan karena dipadu dengan material alumunium dibalut pilihan warna dof. Chassisnya pun dibuat dengan paduan magnesium yang cukup padat. Lekukan bodinya memberikan kesan tipis dari luar namun terlihat luas di dalam. Ukuran layarnya memang 14 inci, namun bezelnya cukup tipis sehingga desainnya tidak terlalu lebar. Ukuran secara keseluruhan hampir sama dengan laptop yang memiliki layar 13 inci.

Selain tipis dengan ketebalan 18,5 milimeter, Asus Pro P5440UA ini memang cukup ringan. Bagaimana tidak ringan? Beratnya hanya sekitar 1,2 kilogram, berkat material magnesium alloy yang membungkusnya.

Rasio layar Asus Pro ini hanya 16:9, tentunya dengan bantuan teknologi FHD resolusi 1920x1080. Layar ini mampu memiliki tampilan sampai 180 derajat, atau bisa dibuat mendatar, sejajar dengan panel keyboard. Ini memungkinkan pembagian tampilan lebih luas dengan orang banyak atau satu grup.

Yang menarik, Asus Pro P5440UA ini memiliki teknologi anti-silau, mampu menahan pantulan sinar matahari sehingga saat berhadapan dengan cahaya, layar masih bisa dilihat dengan nyaman.

Performa
Di dalamnya sudah dipersenjatai dengan prosesor Core i7 generasi ke-8 andalan Intel. Saat booting maupun membuka banyak aplikasi, Asus Pro P5440UA mampu berjalan dengan lancar dan mulus. Kemungkinan besar ini berkat penggunaan dual-channel DDR4-2400 RAM dengan kapasitas 8GB. Ditambah penggunaan ultrafast solid-state disk (SSD) sampai 512GB. SSD ultracepat dan HDD superbesar merupakan perpaduan yang ciamik untuk akses data, file maupun boot-up.

Juga bisa saja ditambahkan kartu grafis Nvidia GeForce MX130 dan Intel UHD Grafik 620. Keduanya mampu menampilkan performa grafis yang handal dan memanjakan mata.

Untuk urusan daya tahan, Asus Pro P5440UA memiliki litium yang lumayan kuat. Memang daya tahan ini berbeda-beda tergantung berat penggunaan. Namun rata-rata bisa  bertahan sampai 10 jam lamanya, berkat baterai jenis litium-ion polymer.

Proses pengetikan pun dijamin lancar jaya karena setiap tombol dibuat memiliki jarak yang ideal. Ukuran tiap tombol 1,5 milimeter dengan jarak antarhuruf sekitar 19.05 milimeter.

Tampilan layar bisa juga dipadukan dengan gadget lainnya, berkat LAN dan VGA USB adaptor. Ini memungkinkan kita makin mudah terkoneksi dengan jaringan ataupun proyektor yang kompatibel dengan VGA port. Ada juga USB-C Port dan HDMI yang bisa menghubungkan dengan perangkat lain, termasuk layar tv dan monitor PC.

Di bodi samping, Asus Pro P5440UA memiliki banyak port. Misalnya dua buah port USB 3.1 generasi pertama tipe A, yang salah satunya memiliki performa Quick Charge. Ada juga satu USB 3.1 Gen 1 Type C, lalu SD Card Reader, HDMI dan Audio Combo Jack.

Asus Pro P5440UA tidak akan mengecewakan para pebisnis untuk bisa mengelola usahanya dari mana dan kapan saja.


KOMENTAR