JPNews
Senin, 05 November 2018 22:29 WIB

OPREK

Fitur Tersembunyi di iOS 12, Jarang Diketahui tapi Berguna Banget

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Fitur Tersembunyi di iOS 12, Jarang Diketahui tapi Berguna Banget Foto : Peluncuran iPhone XS dan iPhone XS Max oleh Apple

JPNEWS – Belum lama ini, Apple merilis sistem operasi iOS 12 yang tentunya menjanjikan sejumlah kemajuan dibanding versi-versi sebelumnya. iOS 12 juga yang disematkan pada seri terbaru Apple, yaitu iPhone XS dan XS Max.

Beberapa di antara kamu mungkin sudah meng-upgrade iOS 12 di gadget iPhone-mu. Untuk mengantongi iOS 12 memang tak melulu harus beli ponsel baru. Ia bisa kompatibel dengan seri iPhone lama hingga 5S.

Berikut ini beberapa fitur tersembunyi iOS 12 yang mungkin belum banyak pengguna iPhone tahu.

1. Baterai info
Fitur ini membantu pengguna untuk mencari tahu aplikasi atau komponen lain yang menguras baterai pada perangkat seluler.

Cara mengaktifkannya, buka aplikasi Pengaturan, pilih Baterai dan kamu akan mendapat info berupa grafik dan perincian pemakaian.

2. Face ID dan Passcode
Fitur ini menyediakan layanan pengenalan wajah. Kamu dapat menemukannya di Pengaturan> ID Wajah & Kode Sandi> Tampilan alternatif.

3. Jangan diganggu sementara
Sedang butuh konsentrasi dan tak ingin ada yang menghubungi lewat ponsel? Dengan iOS 12, kamu tak harus menonaktifkan gadget. Ada fitur 'Jangan Ganggu' yang bisa diatur lama waktunya.

Buka Pusat Kontrol dan tekan lama ikon ‘Jangan Ganggu’ untuk memilih dari opsi 'Do Not Disturb' (DND) yang baru.

4. Pembaruan OS otomatis
Fitur baru di iOS 12 akan menginstal iOS secara otomatis di perangkat, tanpa mengharuskan kamu untuk menyetujuinya. Cara aktivasinya di Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak> Pembaruan otomatis.

Dengan mengaktifkan fitur ini, setiap kali pembaruan dirilis, iPhone kamu akan diperbarui secara otomatis, bahkan saat kamu sedang tidur.

5. Pemindai Kode QR di Pusat Kontrol
Apple menambahkan pemindai QR Code ke aplikasi kamera di iOS 11, dan dengan iOS 12, pemindai punya tempat pintasannya sendiri di Pusat Kontrol.

Aktivasinya melalui Pengaturan> Pusat Kontrol> Sesuaikan Kontrol dan ketuk tombol hijau di sebelah Pindai Kode QR.

6. Nonaktifkan aksesori USB
Dengan peretas yang dapat memecahkan kode akses iPhone melalui port USB, Apple telah menambahkan fitur pengamanan di iOS 12. Jika kabel USB belum dibuka dalam satu jam, otomatis ia akan nonaktif.
 
Fitur ini diaktifkan secara default. Tapi bisa juga jika ingin dinonaktifkan. Caranya, buka Pengaturan> ID Wajah & Kode Sandi lalu gulir ke bagian bawah halaman dan alihkan opsi Aksesoris USB ke posisi Aktif.


Berita Terkait
KOMENTAR