Rabu, 24 April 2019 21:14 WIB

DIGILIFE

Google Duo, Grup Video Call Jernih tanpa Boros Kuota

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Google Duo, Grup Video Call Jernih tanpa Boros Kuota Foto : Google Duo

JURNALPTROLINEWS – Google Duo baru saja merilis empat fitur terbaru. Pertama, fitur Grup Video Call, yang akan menghubungkan empat kontak sekaligus. Indonesia, Kolombia dan Peru menjadi negara pertama yang menerima pembaruan fitur ini.

Selain Android, fitur baru Google Duo juga berlaku untuk sistem operasi iOS. Sebagaimana dikatakan Product Manager Google Duo, Humberto Castaneda dalam sambungan video conference, di Jakarta, Rabu, 24 April 2019. "Ada juga untuk iOS. Hal baiknya adalah mereka bisa bergabung setelahnya (setelah grup call berjalan)." 

Ke depannya, jumlah kontak yang bisa melakukan grup video call ini akan bertambah hingga delapan orang. Castaneda mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha untuk mengembangkan kapasitas dan ingin memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Fitur lainnya adalah pengaturan penghematan data internet (Data Saving Mode). Hal ini, dikatakan Castaneda, lantaran banyak pengguna internet yang berfokus pada seberapa banyak data yang mereka gunakan.

Fitur Data Saving Mode bisa digunakan dengan menekan ikon vertikal titik tiga di bagian kanan atas lalu memilih mode hemat kuota. Setelah itu, mengganti tombol 'pratinjau Nonaktif' menjadi 'pratinjau Aktif'.

Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria menyatakan bahwa fitur tersebut seperti Youtube Go. "Video Call tapi penggunaan data tetap terkontrol. Tidak mengorbankan visual tapi hemat data," ujarnya.

Duo kini juga telah hadir versi web dengan domain duo.google.com. Log in versi web ini tinggal memasukkan nomor telepon dan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan lewat SMS.

Terakhir, Duo juga merilis fitur Video Message. Caranya dengan menekan layar ponsel sehingga keluar menu merekam video message.

Tampilan Video Message dapat ditambahkan tulisan ataupun gambar dengan klik ikon Font dan Drawing di bagian kanan atas. Jika sudah selesai bisa klik lanjutkan lalu pilih kontak tujuan yang akan dikirimkan.

"Jika tidak memiliki waktu menelepon, bisa merekam pesan video langsung kirim. Bisa diberi teks dan doodle," kata Castaneda.


KOMENTAR