JPNews
JPNews
Rabu, 07 November 2018 01:05 WIB

DIGILIFE

Hindari Penipuan, Telkomsel Siapkan Biometric Login

Eka Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Hindari Penipuan, Telkomsel Siapkan Biometric Login Foto : ice President Digital Experience & Business Insight Telkomsel, Tuty R Afriza.

JPNEWS – Penipuan melalui nomor ponsel semakin marak dalam beberapa tahun belakangan. Mulai dari penipuan melalui sms, telepon langsung, sampai menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Telkomsel pun merasa perlu memberikan edukasi kepada pengguna dan memberikan tambahan keamanan pada aplikasinya.

Dikatakan pihak Telkomsel, sejak Januari hingga saat ini, tercatat ada 13 ribu aduan yang masuk terkait penipuan mengatasnamakan Telkomsel. Padahal operator pelat merah itu merasa tidak pernah meminta data diri atapun password, sampai kode verifikasi kepada pelanggannya.

"Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank. Kami serius untuk menangani hal ini, dan sedang kami persiapkan beberapa fitur keamanan tambahan, seperti halaman login alternativ yang lebih aman dan juga fitur biometric login," ujar Tuty R Afriza, Vice President Digital Experience & Business Insight Telkomsel, di Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Fitur biometric login yang dimaksud Tuty, kabarnya akan diimplementasikan dalam waktu dekat. Namun belum diketahui apakah yang akan digunakan fingerprint sensor, face detection ataukah retina sensor.

Yang jelas, Telkomsel mengimbau para pengguna agar terus waspada terhadap beragam bentuk penipuan. Apalagi jika diminta untuk memberikan kode verifikasi, one time password, dan bentuk login lainnya, oleh pihak tidak dikenal.

"Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain, sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel," ujar Tuty.

Ditambahkan Yohannes Glen, Vice President ICT Security Management Telkomsel, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan pengguna untuk meminimalisir penipuan atau upaya phising dengan memanfaatkan kelalaian pengguna.

"Selalu update perangkat anda dengan sistem versi terbaru. Jangan lupa gunakan antivirus atau software keamanan terbaik di smartphone. Jangan pernah beritahukan info login kepada siapapun, baik password maupun one time password," kata Glen.

Pelanggan yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device/perangkat, dapat melakukan logout otomatis cukup dengan menghubungi *323*20#. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel.

Dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengiirmkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id.


Berita Terkait
KOMENTAR