Selasa, 29 Januari 2019 22:54 WIB

DIGILIFE

Ini Negara Yang Sudah Operasikan Teknologi 5G

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Ini Negara Yang Sudah Operasikan Teknologi 5G Foto : Teknologi 5G

JURNALPATROLINEWS – Direktur Utama dan Chief Executive Officer PT Indosat Ooredoo Tbk, Chris Kanter mengklaim Qatar merupakan negara pertama yang meluncurkan jaringan teknologi 5G di dunia.

Sebelumnya, Amerika Serikat, China, Korea Selatan dan Jepang, digadang-gadang siap menerapkan 5G pada tahun ini.

"Kita sudah ready 5G, tapi trial and error-nya dilakukan di Qatar. Kenapa, supaya kita bisa langsung pakai jadinya efektif," kata Chris di Jakarta, Senin malam 28 Januari 2019.

Ia menuturkan, trial and error yang sudah diujicobakan kendaraan tidak berawak untuk helikopter dan taksi dan berhasil. Selain itu, Bandar Udara Internasional Hamad di Doha, Qatar, juga sudah menerapkan jaringan 5G.

"Bandara ini berada di kawasan reklamasi Pearl. Jadi, di sana alat transportasi dengan pengemudi otomatis sudah ada. Kita sudah diuntungkan dengan induk usaha (Ooredoo) yang sudah mengoperasikan," tutur dia.

Bandar Udara Hamad dibangun sebagai bagian dari persiapan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Mengutip situs Prnewswire, Ooredoo yang notabene BUMN telekomunikasi asal Qatar yang beroperasi di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara, resmi menjadi operator telekomunikasi pertama di dunia yang meluncurkan jaringan 5G pada pita spektrum 3,5GHz pada 14 Mei 2018.

Layanan Ooredoo 5G menawarkan teknologi jaringan terkini (5G NR) yang memiliki kecepatan, kapasitas, dan latensi (jeda) yang jauh lebih tinggi daripada sistem seluler saat ini.

Jaringan baru tersebut akan membawa keuntungan dan membuka pelanggan bisnis untuk menggali potensi yang sebelumnya belum tercapai.

Penyebaran 5G Superner Ooredoo akan mencakup area dari The Pearl Qatar ke Bandar Udara Internasional Hamad, West Bay, Lagoona, dan Souq Waqif.


KOMENTAR