JPNews
Kamis, 06 Desember 2018 11:06 WIB

STARTUP

Menuju Industri 4.0, Dompet Digital Dana Resmi Dirilis

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Menuju Industri 4.0, Dompet Digital Dana Resmi Dirilis Foto : Perilisan Dompet Digital Dana.

JurnalPatroliNews JAKARTA - Dana meresmikan kehadirannya sebagai dompet digital berkonsep open platform yang menawarkan layanan via aplikasi mandiri. Sebelumnya, layanan Dana dapat dinikmati pengguna melalui sejumlah situs e-commerce dan aplikasi lain.

Sebagai dompet digital, Dana bertujuan membantu perekonomian digital Indonesia, dengan menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi atau melakukan pembayaran baik secara langsung maupun online.

“Kami di Dana memahami kunci keberhasilan Indonesia 4.0 adalah pada tingkat inklusi teknologi digital. Sehingga kreativitas, inovasi, efisiensi, dan produktivitas dapat dimanfaatkan secara optimal, dan dapat terselenggara denga tingkat keamanan tinggi,” ujar CEO Dana Vince Iswara.

Vince melanjutkan, dengan teknologi digital, Indonesia bisa meningkatkan inklusi finansial karena hambatan geografis bisa tereliminasi dengan kemampuan digital. Sehingga semua orang bisa bertransaksi dengan mudah lewat DANA.

"Indonesia 4.0 akan berhasil jika pemanfaatan teknologi digital tak hanya meningkatkan pertumbuhan bisnis tetapi juga di suburban dan desa-desa," tuturnya.

Dia menambahkan, "Dompet digital DANA dirancang untuk memiliki kapabilitas yang dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan ekosistem ekonomi digital dan digunakan oleh berbagai kalangan tanpa memandang kelas sosial, ekonomi, dan usia."

Dengan open platform yang diterapkan, DANA bisa jadi opsi pembayaran platform di gerai lain tanpa mengurangi kemampuan fitur-fiturnya.

Sehingga, dengan memakai infrastruktur DANA, pengusaha UMKM dan startup dapat fokus mengembangkan produknya.

Vince mengungkap, di DANA, ada tiga hal yang ditonjolkan yakni sederhana, aman, dan cerdas.

"Simple dalam artian sangat mudah dipakai dan user friendly. Sementara terkait keamanan, kami menerapkan security dan authentication sehingga kalau ada yang hilang saat transaksi, akan diganti 100 persen," katanya.

"Sementara bicara kecerdasan, DANA mampu menghadirkan user experience yang lebih baik. Jika platform serupa lainnya memerlukan pin atau tanda tangan atau one time password (OTP) saat masuk, DANA tidak. Sehingga transaksinya sangat mudah," tambah Vincent.

Aplikasi Dana dilengkapi dengan empat fitur, yaitu Pindai, Isi Saldo, Kirim dan Minta. Fitur Pindai memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QR pedagang mitra Dana.

Sedangkan Isi Saldo memungkinkan pengguna menambah saldo yang disimpan di dompet Dana melalui jaringan bank di Indonesia, seperti BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya. Pengguna Dana juga dapat mengirimkan uang via aplikasi kepada pengguna lain.

Namun, pengirim baru bisa mengirimkan uang setelah berhasil menyelesaikan proses verifikasi. Sedangkan pada fitur Minta, Dana menyebut penerima dapat meminta uang kepada akun tertentu, dan penerima tidak perlu melakukan proses verifikasi via KTP atau Kartu Keluarga.

Vince menyebut Dana menargetkan untuk menjadi layanan teknologi finansial nomor satu di Indonesia pada tahun 2019 mendatang. (dai)


KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN