Kamis, 25 April 2019 00:51 WIB

TEKNOPEDIA

Semburan Lumpur Aneh, Bukan Fenomena Alam

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Semburan Lumpur Aneh, Bukan Fenomena Alam Foto : Semburan lumpur di Blora

JURNALPATROLINEWS – Video viral semburan lumpur yang terjadi di Kecamatan Jati, Blora, Jawa Tengah beredar di media sosial. Semburan tersebut terjadi Jumat 19 April 2019. 

Menurut kabar yang beredar, semburan tersebut berlangsung selama 1,5 jam, dengan tinggi semburan mencapai beberapa meter.

Pegiat kebencanaan, Ma'rufin Sudibyo menjelaskan, semburan lumpur di Blora tersebut bukan fenomena alam. Peristiwa itu merupakan dampak dari pengujian pipa gas yang melewati daerah tersebut.

"Itu bukan fenomena alam apa-apa. Tapi buatan manusia. Di lokasi tersebut ada bagian pipa gas jaringan Gresik-Semarang yang baru dipasang dan sedang dilakukan tes hidrostatik sebagai upaya menguji integritas serta stabilitas pipa," jelas Ma'rufin.

Dia menuturkan, dalam tes hidrostatik, pipa diisi air bertekanan cukup tinggi yakni sekitar ~100 psi dari satu lokasi lalu dikeluarkan di satu titik. Dengan tekanan tinggi tersebut, kata Ma'rufin, tak heran akibat yang muncul adalah semburan yang cukup tinggi beberapa meter.

Belakangan jaringan pipa gas yang dimaksud merupakan milik PT. Pertagas yang melalui jalur Greasik-Blora-Semarang. 


KOMENTAR