Genjot Ekspor UMKM Lokal, Menkop Teten Dukung BRILIANPRENEUR 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) RI Teten Masduki mengapresiasi gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022. Dia mengatakan ajang pameran dari BRI ini mendukung upaya percepatan ekspor UMKM lokal yang tengah digencarkan pemerintah.

“Dari semua expo UMKM, BRILIANPRENEUR ini yang paling keren. Karena dikurasi dengan benar. Hari ini juga kita lihat sudah Rp 1,2 triliun ya kontrak bisnisnya. Ini luar biasa,” katanya saat menghadiri Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (15/12/2022).

Menurut Teten, saat ini pemerintah sedang berupaya meningkatkan ekspor produk UMKM Tanah Air hingga 17% di tahun 2024. Mengingat angka ekspor Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain, seperti Malaysia, Thailand, dan Korea Selatan.

“Hari ini ekspor UMKM kita baru 15,65%. Jadi masih rendah kalau dibandingkan dengan Malaysia. Korea Selatan sudah 19,7%, Malaysia sudah 17,3%, dan Thailand 28,7%. Ini tantangan kita untuk sama-sama kolaborasi. Kita harus lakukan upaya terobosan untuk mempercepat ekspor UMKM kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Teten menjelaskan kebanyakan pelaku UMKM masih mengalami 3 hambatan dalam melakukan ekspor. Yakni terkait kualitas, kuantitas, hingga literasi yang masih kurang. Karena itu dia mendorong berbagai pihak untuk sama-sama memperkuat ekosistem dalam rangka mempermudah ekspor produk, khususnya yang memiliki potensi untuk go global.

“Kita juga harus fokus melakukan pendampingan terus-menerus. Termasuk membereskan ekosistem untuk mendorong produk-produk yang memang potensi untuk diekspor dan market demand-nya ada. Kalau kita fokus di sini, saya kira kita bisa melonjak dengan pesat,” terangnya.

Di sisi lain, dia menilai perlu adanya upaya untuk menggencarkan kampanye konsumsi produk buatan lokal kepada masyarakat.

“Kami sangat mendukung penuh UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 . Dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan produk lokal. Bangga buatan Indonesia, dan kita sama-sama bangkit bersama,” tukasnya.

Komentar