Horeee! Bansos Kartu Sembako Ditambah Rp 400 Ribu, Begini Cara Dapatnya!

JurnalPatroliNews Jakarta – Kabar baik datang bagi para penerima bansos Kartu Sembako di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini. Pasalnya pemerintah akan menambah besaran bantuan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan menambah besaran bansos Kartu Sembako untuk Juli dan Agustus masing-masing Rp 200 ribu. Dengan demikian penerima yang biasanya mendapat Rp 200 ribu/bulan, di dua bulan itu akan mendapat Rp 400 ribu/bulan.

“Akan ditambah 2 bulan ekstra di bulan Juli-Agustus, sehingga mereka mendapat Rp 400.000 bagi keluarga pemegang Kartu Sembako. Jadi mereka dapat untuk tahun 2021 itu sebesar 14 bulan pembayaran,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021) malam.

Pihaknya sudah menyiapkan alokasi tambahan Rp 7,52 triliun. Nantinya bantuan menyasar 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang.

“Jadi untuk pandemi kita akan menambah (anggaran Kartu Sembako) dari Rp 42,37 triliun menjadi Rp 49,89 triliun. Ada Rp 7,52 triliun anggaran tambahan yang disediakan,” beber Sri Mulyani.

Tak hanya itu, penerima bansos Kartu Sembako juga bakal dapat tambahan beras Bulog sebanyak 10 kg/keluarga. Untuk pengadaan beras, pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

“Sebanyak 10 kg/keluarga akan diberikan beras berasal dari Bulog, dengan anggaran yang kita sediakan Rp 3,58 triliun. Ini sekitar hampir 250.000 ton yang dikeluarkan dari gudang Bulog dan dibagikan kepada seluruh keluarga BST dan Kartu Sembako,” tuturnya.

Dikutip dari kemensos.co.id mengenai Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), cara dapat bansos Kartu Sembako harus terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jika sudah terdaftar, lalu membuat rekening untuk mendapatkan kartu sembako atau Kartu Keluarga Sejahtera (Kartu Kombo).

Bantuan disalurkan lewat bank-bank BUMN (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN). Proses pencairan bansos Kartu Sembako dilakukan melalui e-Warong terdekat, Bagaimana caranya?

1. Datang ke e-warong bertanda khusus Non Tunai yang bekerja sama dengan Bank penyalur dengan membawa KKS

2. Lakukan cek kuota bantuan pangan melalui mesin EDC, dengan masukkan PIN dan terima bukti cek kuota

3. Pilih jenis bahan pangan sesuai ketentuan dengan jumlah sesuai kebutuhan, lakukan pembelian dengan memasukkan nominal harga dan PIN pada EDC Bank

4. Terima bantuan pangan yang telah diberi serta bukti transaksi untuk disimpan

Demikian informasi terkait penyaluran bansos Kartu Sembako.

(*/lk)

Komentar