Ini Strategi Modernland (MDLN) Jualan, Respon Kondisi Makro Ekonomi, Hidup Makin Susah

JurnalPatroliNews – Jakarta,  – PT Modernland Realty Tbk (MDLN) sedang melakukan resizing tipe dan desain rumah agar harganya dapat lebih terjangkau dan sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen, namun tidak mengurangi nilai dari tanah atau lahan tersebut.

Hal itu merespon kondisi makro ekonomi dan tingkat suku bunga acuan, serta tidak stabilnya nilai kurs yang memengaruhi kinerja sektor properti.

Direktur Utama Modernland William Honoris mengatakan, perseroan akan mempertimbangkan pemberian subsidi selama periode tertentu untuk meringankan beban bunga angsuran rumah konsumen.

“Namun hal ini masih dalam tahap diskusi dan belum diputuskan mekanisme maupun pelaksanaannya,” ujarnya mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/12/2022).

Selain itu, lanjutnya, jika konsumen keberatan dengan angsuran rumah yang tengah berlangsung, dapat didiskusikan agar dapat meringankan beban konsumen. Hal itu dapat da bentuk pengajuan relaksasi iuran pemeliharaan kebersihan dan keamanan lingkungan sebagai bentuk keringanan terhadap beban konsumen.

Sementara, Direktur David Iman Santosa menambahkan, bahwa developer dan bank penyedia fasilitas KPR harus satu arah dalam memberikan solusi terhadap konsumen. Saat ini perseroan tengah berdiskusi dengan bank terkait dengan penurunan down payment (DP) untuk meringankan pembelian unit agar bank dapat memberikan DP hingga 5% untuk beberapa produk perumahan.

“Selain itu perpanjangan dari pembayaran DP juga menjadi solusi yang tengah didiskusikan,” pungkasnya.

Komentar