Isu Perang Rusia-Ukraina, Pertemuan G20 Jalur Keuangan Hanya Menjadi ‘Chair’ Summary Tanpa Communique

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20, melakukan pertemuan keuangan pada 12-13 Oktober 2022 kemarin. Dalam pertemuan itu, Anggota yang hadir tidak berhasil mengeluarkan Communique (pengumuman resmi), dikarenakan tidak adanya kesepakatan para delegasi mengenai isu perang Rusia-Ukraina.

Dian Lestari, Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Kementerian Keuangan (PKPPIM Kemenkeu), mengungkapkan, ketidak-sepakatan tersebut tertuang pada bagian paling atas, bagian 1 yang diberi judul Summary of Discussion on the Global Economy pada naskah G20 Chair’s Summary.

“Meskipun kemarin Juli Oktober kita mencapai chair summary bukan communique, tapi strukturnya yang part 1 disitulah diletakkan summary dari hal-hal yang tidak berhasil disepakati karena menyangkut isu perang. Sedangkan part 2 berisi complete deliverables dan itu bagian yang sebenarnya dinegosiasikan dan disetujui di antara para members,” jelasnya, pada pertemuan Media Gathering Kementerian Keuangan di Bogor, Jumat (4/11/2022).

Ia mengatakan, sekalipun tidak berbentuk communique, chair summary ini tetap bersifat Powerful.

“Walaupun ini chair summary, tapi chair summary yang powerful. Artinya, dia sebenarnya sama dengan communique tapi karena adanya part 1 ada bagian tentang perang yang tidak bisa disepakati, maka secara keseluruhan disebut chair summary, ” ujarnya.

Ia menambahkan, selain poin 1 dan 2, pada bagian 1 mengenai isu perang yang tercantum dalam G20 Chair’s Summary tersebut yang belum disepakati, 12 poin lainnya pada bagian 2 sifatnya sudah final, dan akan dibawa pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi pada 15-16 November 2022 mendatang di Bali.

“Tapi coba kalau melihat Chair’s Summary bulan Oktober, bagian duanya disebut Agreement on Concrete Deliverables. Nah bagian kedua ini yang akan ditransfer ke Leaders’ Declaration, dan akan menjadi bagian dari Leaders’ Declaration yang merupakan kontribusi dari finance track,” imbuhnya.

Ia memaparkan, selain isu perang, apa yang sudah disepakati dalam G20 Chair’s Summary jalur keuangan, kemungkinan tidak akan diperdebatkan lagi karena telah mendapat persetujuan dari para Anggota.

“Tentunya ada penyesuaian-penyesuaian, karena ini levelnya Leaders ya, ada bahasa yang disesuaikan, tapi harapannya ini nanti sudah tidak ada lagi perdebatan, karena ini sesuatu yang sudah dinegosiasikan dan disetujui FMCBG,” pungkasnya.

Komentar