Kontroversi! Saran Ekonom: Pak Luhut, Sebaiknya Lakukan Ini Jika Tak Terima Kritik Anies

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Ekonom Senior Faisal Basri melontarkan kritik kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang pernah menyuruh Calon Presiden RI 2024 Anies Baswedan untuk menghadapnya secara langsung atas kritik yang menyinggung bahwa subsidi mobil listrik yang diberikan pemerintah kurang tepat.

Daripada melakukan pertemuan empat mata dengan Anies, Faisal Basri menyarankan agar Luhut muncul di hadapan publik untuk memberikan penjelasan soal subsidi mobil listrik yang menjadi kontroversi. Sebab, isu yang diangkat menyangkut kepentingan publik, dengan begitu solusi yang diberikan seharusnya juga terbuka secara publik.

“Masalahnya kalau ada yang beda pandangan dengan Pak Luhut, solusinya dilakukan oleh Pak Luhut secara privat. Jadi siapa yang tidak setuju (subsidi) mobil listrik, datang ke saya (Luhut), saya jelaskan. Ini bukan masalah privat, ini masalah publik,” jelas Faisal dalam Diskusi Publik Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Minggu (21/5/2023).

Lebih lanjut, Faisal menilai karena hal yang akan dibahas merupakan masalah publik juga, maka harus ada solusi berupa kajian yang menjelaskan analisis manfaat. Dengan begitu, Faisal mengatakan, publik juga bisa menilai solusi yang diberikan oleh pemerintah.

“Jelaskan kepada publik, kajian seperti apa, cost benefit analysis seperti apa. Rakyat akan melihat kalau benar setuju, kalau tidak, ya tidak setuju,” tegas Faisal.

Komentar