Ma’ruf Amin Tegaskan Angka Pengangguran Tinggi karena SDM Tak Siap

JurnalPatroliNews Jakarta – Wapres KH Ma’ruf Amin menegaskan masih relatif tingginya angka pengangguran disebabkan oleh ketidaksiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi disrupsi perkembangan teknologi saat ini.

“Faktor kualitas SDM menjadi kunci untuk memenangkan persaingan global, yang apabila didukung oleh tenaga kerja yang berkualitas dan terampil,” tutur Wapres.

Itu disampaikan Wapres di acara Kick Off Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pengembangan SDM Kompeten di Papua dan Papua Barat, yang diselenggarakan di Kampus Papua Alom Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura, Sabtu (16/10/21).

Namun, Wapres optimis, kehadiran BLK Komunitas mampu meningkatkan kualitas SDM dan menjadi fondasi yang kuat dalam rangka permberdayaan masyarakat Papua.

“BLK Komunitas menjadi salah satu tonggak penting, fondasi bagi masa depan Papua dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas SDM di tanah Papua yang hebat ini,” ujar Wapres optimis.

Wapres berharap melalui BLK Komunitas ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses lembaga pelatihan kerja sehingga dapat meningkatkan jumlah individu yang berkualitas.

“Saya berharap pembangunan BLK Komunitas dapt diperluas, sehingga semakin banyak penduduk angkatan kerja yang mendapatkan kemudahan dalam mengakses lembaga pelatihan kerja,” tambah Wapres.

Komentar