Medium Rp11.600 Per kg, Terpantau Harga Beras RI Menggila, Ini Buktinya

Sedangkan di bulan lain berkisar 2,3 sampai 2,7 juta ton.

Bahkan, di bulan Januari, November, dan Desember 2022, produksi beras hanya 1,42 juta ton, 1,93 juta ton, dan 1,14 juta ton.

Data ini mendukung pernyataan Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso terkait penyebab semakin mahalnya harga beras di Indonesia.

“Seperti sering saya sampaikan, kenaikan harga beras dipengaruhi beberapa faktor. Tren kenaikan harga beras saat ini terjadi karena efek musiman, sesuai pola panen. Di mana, mulai bulan Agustus sampai dengan Februrari, produksi di bawah kebutuhan bulanan,” kata Sutarto kepada rekan media, dikutip Rabu (25/1/2023).

“Petani memanfaatkan momentum ini untuk menaikkan harga gabah dan penggilingan padi di daerah produsen sudah terlalu banyak dan pada saat seperti ini pemilik modal yang mampu bersaing (umumnya yang besar),” tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan, faktor lain yang berdampak pada kenaikan harga beras adalah Kebijakan, strategi dan implementasi pemerintah dalam pelaksanaan operasi pasar (OP).

Komentar